Ketahui, 5 Keunggulan Pipa Rucika Bahan Plastik Dibanding Dengan Pipa Logam

March 24, 2020


Sekarang ini ada banyak sekali pilihan jenis pipa yang beredar di pasaran. Salah satunya yang paling banyak digunakan ialah pipaRucika dari bahan plastik PVC. Jika dulu pipa dari bahan logam adalah yang paling banyak dipilih karena ketahanan dan kekuatannya. Maka kini, pipa plastik yang dikenal modern dan praktis lebih banyak digunakan karena keunggulan dalam pemasangannya yang dinilai lebih menguntungkan.
Jika dibandingkan dengan pipa logam, jenis pipa dari bahan dasar plastik PVC memang memiliki beberapa kelebihan. Kelebihan-kelebihan tersebut antara lain:
1.      Mudah Dipasang
Untuk tahap pemasangan pipa, jenis PVC jauh lebih mudah dibandingkan dengan memasang pipa logam. Pipa PVC hanya membutuhkan lem untuk menyambung pipa, berbeda dengan pipa logam yang harus melalui proses pengelasan. Selain itu, pipa PVC juga ringan dan mudah dipotong sehingga mudah disesuaikan saat digunakan. Sementara pipa logam harus dengan peralatan khusus.
2.      Tahan Terhadap Korosi dan Bahan Kimia
Pipa dari bahan logam akan mengalami korosi dan berkarat sehingga lama-lama pipa akan rusak. Berbeda dari pipa PVC yang tahan korosi dan tidak akan muncul karat sehingga pipa dapat lebih awet. Tidak hanya itu, karena pipa berbahan PVC seperti pipa paralon rucika tidak mengalami korosi, maka penggunaannya aman dipakai untuk instalasi saluran pipa air bersih.
3.      Harga Ekonomis
Jika dibanding dengan harga pipa logam yang terbilang tinggi, harga pipa rucika dari bahan plastik ini tentunya lebih terjangkau. Apalagi karena pemasangannya mudah maka Anda pun tidak harus menyewa jasa profesional untuk melakukan pemasangan, belum lagi biaya perawatannya juga sangat rendah.
4.      Kuat dan Tidak Mudah Pecah
Pipa logam memang dikenal yang paling kuat dibanding jenis pipa lainnya. Tapi meski begitu, kekuatan dan ketahanan pipa PVC juga tidak bisa dilihat sebelah mata. Sebab bahan polivinil klorida yang digunakan sebagai bahan pembuatanya memiliki sifat yang keras dan kuat walaupun ringan. Jadi pipa PVC tidak akan mudah pecah bahkan meski terpapar sinar matahari terus menerus.
5.      Multi Fungsi
Dengan karakteristiknya yang kuat, tidak mudah pecah, tahan korosi dan bebas bahan kimia, pipa PVC dapat digunakan untuk berbagai fungsi. Mulai dari pipa bertekanan, pipa buangan air limbah hingga ventilasi udara.
Itulah beberapa keunggulan dari pipa PVC dibandingkan dengan pipa logam. Jika Anda ingin menggunakan pipa PVC, pilihlah yang kualitasnya baik seperti pipa rucika serta yang sesuai dengan kebutuhan.

Artikel Terkait

Previous
Next Post »