Kapan Waktu yang Tepat Mengajukan Pinjaman Uang Tunai

March 08, 2019



Pinjaman uang tunai saat ini bukan lagi sesuatu hal yang sulit untuk didapatkan. Dengan modal smartphone saja, kamu sudah bisa mengajukan pinjaman tanpa syarat yang berbelit. Tetapi, besaran pinjaman uang tunai amat bergantung pada syarat dan ketentuan perusahaan yang memberikan pinjaman. Rata-rata berkisar antara Rp 1 juta sampai dengan Rp 3 juta.

Percaya deh, untuk mengajukan pinjaman tunai saat ini tidak sesulit meminjam kepada teman seperti tempo dulu. Yang penting data-data yang kamu berikan memang sudah sesuai dengan yang diminta oleh perusahaan pemberi pinjaman.

Yang bikin menjadi lebih mudah karena prosesnya bisa dilakukan secara online. Kamu hanya tinggal mensubmit dan melengkapi data-data yang diminta kemudian tinggal menunggu jawaban persetujuan. Dengan menggunakan algoritma khusus kemudian data-data kamu akan diolah. Singkatnya dari data tersebut akan keluar berapa sebenarnya plafon yang bisa diberikan.

Pertanyaannya kapan sebaiknya kamu mengajukan pinjaman tunai?

Beberapa orang terkadang tidak memikirkan kapan sebaiknya mengajukan pinjaman tunai. Padahal, untuk menjaga keseimbangan neraca pengeluaran dan pemasukan tentu ada kondisi tertentu saja kita bisa mengajukan pinjaman seperti alasan berikut ini;

Saat darurat

Dalam kondisi darurat seperti kecelakaan atau sakit sementara kamu tidak memiliki asuransi yang cukup untuk men-cover biaya pengobatan, kamu bisa mengajukan pinjaman uang tunai. Keselamatan jiwa tetap jadi yang paling utama. Urusan uang bisa dicari lagi, yang penting adalah menyelamatkan orang diri atau nyawa orang terlebih dahulu.

Pada saat membutuhkan modal untuk usaha

Pasti baca berita tentang mi ayam Rp 2.000 asal Sragen yang viral di sosial media kan? Untuk berjualan mi ayam murah dan terjangkau untuk jajan anak-anak seperti itu saja, pemiliknya hanya butuh modal Rp 100 ribu untuk memulai usaha. Jadi, pinjaman kecil untuk modal usaha, bisa kamu manfaatkan untuk mengajukan pinjaman asalkan perputaran modalnya bisa lebih cepat. Apalagi kalau bisa dibayar kurang dari 30 hari sehingga bunga yang dibayarkan pun akan semakin terjangkau.

Pada saat harus segera membayar biaya pendidikan

Pengaturan soal finansial kadang kala memang bikin pusing kepala. Tapi, dalam kondisi tidak punya cadangan dana, ada baiknya tetap mengajukan pinjaman demi membayar pendidikan.

Jangan meminjam untuk membayar utang

Boleh saja meminjam uang digunakan untuk kebutuhan yang sifatnya produktif seperti modal usaha atau dalam kondisi darurat seperti harus segera ke rumah sakit. Tetapi, jangan sesekali meminjam uang untuk membayar utang. Apalagi praktik seperti ini adalah pintu terjerat utang yang berkepanjangan. Seperti kata pepatah gali lobang tutup lobang.

Jangan meminjam saat masih punya utang

Begitu pula ketika masih memiliki utang, sebaiknya tidak menambah lagi utang yang sudah ada. Pahami kebutuhan dan ukuran ideal berapa persen yang bisa digunakan untuk membayar utang dari penghasilan bulanan. Menurut beberapa pakar, idealnya utang itu adalah 30 persen dari pendapatan bulanan. Jadi, jika dirasa baru sekitar 10 persen saja pengajuan utang, kamu bisa menambah utang baru asalkan punya kalkulasi pembayaran utang yang matang. Sehingga dengan begitu tidak terjadi yang namanya kredit macet.

Pinjam lewat perusahaan yang terdaftar di OJK
  
Salah satu cara untuk menghindari perusahaan nakal, ajukan pinjaman hanya melalui perusahaan yang terdaftar di Otoritas Jasa Keuangan. Salah satunya adalah Kredivo yang punya dua produk andalan pinjaman tunai online yaitu pinjaman min dan pinjaman jumbo. Kredivo memberikan pinjaman uang tunai dengan bunga rendah mulai dari 2.95% per bulan. Jika kamu bandingkan dengan perusahaan lain, bunga ini lebih rendah 50% dengan perusahaan sejenis non-bank lainnya.

Umumnya beberapa lembaga keuangan memberikan pinjaman dengan bunga antara 1-3% saja per bulan. Jadi, sebaiknya hindari jika ada perusahaan yang memberikan bunga 1% per hari. Jelas akan sangat merugikan debitur. Menariknya Kredivo karena dapat memberikan limit sampai dengan Rp 30 juta. Proses pendaftarannya hanya 3 langkah mudah dalam waktu 1 menit saja. Proses persetujuannya pun kurang dari 24 jam. Sedangkan proses pinjaman dana tunai, bisa diproses dalam waktu 5 menit. Jadi, semakin cepat dan mudah bukan?

Apa syaratnya mendapatkan pinjaman dari Kredivo?


Kamu sudah berusia 18 tahun, punya penghasilan minimal Rp 3 juta per bulan dan berdomisili di Jabodetabek, Kota Bandung, Surabaya, Medan, Palembang, Semarang, Pulau Bali, Malang, Makassar, Yogyakarta, Solo, Cirebon, dan Sukabumi.

Download saja dulu aplikasi resminya di Google Play Store atau di App Store saat ini juga.

Artikel Terkait

Previous
Next Post »