KORINDO Sang Pemberi Cahaya di Langit Asiki

February 18, 2019
KORINDO adalah berkah luar biasa bagi masyarakat Papua khususnya kampung Asiki kabupaten Boven Digoel. Bagaimana tidak? Dengan hadirnya KORINDO kesejahteraan rakyat Asiki semakin meningkat, salah satunya dalam bidang kesehatan dengan hadirnya klinik modern bernama “KLINIK ASIKI”, sebuah klinik yang dipersembahkan secara gratis untuk putra putri daerah papua serta masyarakat tidak mampu di sekitarnya sebagai bentuk kontribusinya untuk meningkatkan kualitas kesehatan masyarakat setempat.


Klinik ini memiliki fasilitas cukup lengkap, meliputi ruang rawat jalan, rawat inap, ruang bersalin, perinatologi atau perawatan bayi, ruang bedah minor, IGD, USG, farmasi, dan fasilias lainnya serta terdapat fasilitas mobil ambulance.

Klinik ini diresmikan oleh chairman KORINDO group, Mr. Eun Ho Seung pada hari sabtu, 2 September 2017. Acara ini dihadiri oleh Pejabat Pemerintah Propinsi Papua, Boven Degoel, ketua dan anggota DPRD Boven Digoel, ketua representatif KOICA di indonesia, Minister Konsuler Korea untuk Indonesia Ketua-Ketua Lembaga Masyarakat Adat (LMA), dan sekitar 600-an masyarakat Asiki yang ikut meramaikan peresmian tersebut.

Menurut Mr. Eun Ho Seung klinik ini merupakan wujud konkrit dalam menyukseskan program indonesia sehat sebagai upaya mewujudkan masyarakat indonesia yang berperilaku sehat, hidup dalam lingkungan sehat, dan dapat menjangkau pelayanan kesehatan yang bermutu guna mencapai derajat kesehatan yang lebih tinggi. Mr. Seung juga berharap dengan adanya klinik Asiki ini akan dapat memenuhi harapan masyarakat dalam kebutuhan pelayanan kesehatan yang berkualitas tinggi dan menjadi rujukan dari klinik dan puskesmas di sekitarnya.

Tujuan pembangunan klinik ini adalah untuk menopang kegiatan sehari-hari warga sekiar, memperkuat sistem pelayanan medis, dan SDM sehingga nantinya pelayanan kesehatan di Asiki dapat memberikan pelayanan yang bermanfaat dan terbaik.

KORINDO group akan selalu berupaya mendekatkan pelayanan kesehatan kepada masyarakat. Sampai saat ini KORINDO sudah mendirikan delapan klinik di beberapa tempat di pedalaman Papua. Dengan ini diharapkan dapat mengurangi beban kesulitan masyarakat setempa yang ingin mendapatkan pelayanan kesehatan. Karena memang sebelum adanya klinik ini jika ingin berobat masyarakat harus pergi ke tanah merah di boven digoel atau rumah sakit di merauke yang harus ditempuh dengan waktu 3 sampai 12 jam perjalanan.

Dalam pengoperasiannya, klinik Asiki memiliki 8 program prioritas, yaitu: perbaikan status gizi masyarakat, Menurunkan angka kematian ibu hamil, ibu melahirkan, dan bayi baru lahir melalui peningkatan pelayanan kesehatan ibu, balita, dan Keluarga Berencana (KB), pengendalian penyakit menular dan penyakit tidak menular diikuti dengan penyehatan lingkungan. Selain itu pada klinik ini juga akan dilakukan pengembangan sisem jaminan kesehatan nasional (JKN), peningkatan pelayanan kesehatan primer, meningkatkan lingkungan, kerja yang aman dan nyaman pemberdayaan masyarakat dan penanggulangan bencana dan krisis kesehatan, dan fokus dalam meningkatkan sumber daya manusia yang profesional.

Klinik Asiki juga secara berkala  akan mendatangkan Dokter Spesialis Penyakit Dalam dan Spesialis Anak agar pasien dapat berkonsultasi masalah kesehatan mereka. Hal ini dilakukan oleh KORINDO agar pelayanan terhadap kesehatan masyarakat dapat lebih maksimal dan lebih bermanfaat.

Selain program pelayanan utama, klinik Asiki juga membuat program baru berupa “mobile service” untuk lebih menjangkau masyarakat kampung-kampung terpencil dan perbatasan di wilayah sekitar perusahaan. Tujuannya adalah untuk meningkatkan akses dan pemanfaatan layanan kesehatan dan juga meningkatkan akses dan meningkatkan aksebilitas pelayanan medis untuk daerah. Sasaran program ini adalah untuk meningkatkan kesehatan ibu hamil, anak-anak, bayi, dan balita di kabupaten Boven Digoel. 


KORINDO Group mendapatkan apresiasi dari pemerintah Indonesia melalui Klinik KORINDO yang berada di Kampung Asiki sebagai The Best Performance dari BPJS Kesehatan untuk Kategori Klinik Pratama di Kedeputian Wilayah Papua dan Papua Barat pada tanggal 31 Agustus 2017. Penghargaan ini diserahkan oleh dr. Anurman Huda, MM, AAK, Deputi Direksi Wilayah Papua dan Papua Barat BPJS Kesehatan kepada dr. Rizky Juniarti Nober mewakili Klinik Asiki KORINDO Group pada 26 Agustus 2017 di Jayapura, Papua.

Klinik Asiki berhasil memenangkan Best Performance dan menjadi klinik terbaik di wilayah Papua dan Papua Barat karena memiliki statistik terbaik dalam 3 indikator penilaian BPJS Kesehatan, yaitu : Pertama, angka kontak cukup tinggi, halini mengindikasikan pelayanan cukup memadai, baik dari segi fasilitas-fasilitasnya maupun tenaga medisnya. Kedua, rujukan yang sangat rendah karena kemampuan menangani kasus-kasus yang seharusnya tidak perlu dirujuk ke rumah sakit, dan ketiga, Klinik  Asiki dinilai memiliki program pengelolaan penyakit kronis seperti Hipertensi dan Diabetes Melitus yang cukup bisa diandalkan.

Penghargaan dari BPJS ini merupakan dorongan tersendiri bagi tim kesehatan klinik Asiki untuk terus berbenah dan terus berupaya dengan maksimal dalam memberikan pelayanan yang terbaik bagi pasien-pasien mereka. Dengan harapan prestasi terbaik ini tidak hanya diperoleh di wilayah Papua dan Papua Barat saja, tetapi juga mendapatkan penghargaan di tingkat nasional.


Sejarah singkat klinik asiki

Pelayanan kesehatan kepada karyawan, keluarga karyawan, dan masyarakat umum pada tahun 1994 dilakukan di dalam sebuah kontainer yang dijadikan klinik yang berada di pinggir Kali Digoel. Pada tahun 1996 pelayanan mulai diberikan di sebuah bangunan yang sederhana yang telah mnegalami beberapa kali renovasi dengan ukuran bangunan terakhir 30 x 12 meter, memiliki ruang UGD, 4 kamar rawat inap dengan 12 tempat tidur, ruang poli umum, ruang bersalin, loket, ruang poli gigi, dan kamar obat. Pada tahun 2015 bekerja sama dengan BPJS Kesehatan yang akan menjadi Fasilitas Kesehatan Tingkat Pertama BPJS Kesehatan (No. 039191P003). Dan pada tahun 2017 mulai menempati bangunan baru dan berganti nama menjadi “Klinik Pratama Asiki” dengan kelengkapan sarana dan prasarana yang lebih modern.


Visi dan Misi Klinik Asiki

Visi

“ Meningkatkan derajat kesehatan masyarakat di Distrik Jair, Kabupaten
Boven Digoel dan sekitarnya sebagai upaya mewujudkan Indonesia Sehat
melalui peningkatan pemeliharaan kesehatan, pelayanan kesehatan, dan
pencegahan penyakit serta penyehatan lingkungan“

Misi

·           Menyediakan fasilitas kesehatan yang memadai
·           Menyediakan tenaga medis yang profesional dan terampil
·           Menjadi sarana promosi, preventif, dan kuratif
·           Menjangkau masyarakat di daerah tertinggal, terpencil, dan perbatasan

Fasilitas Pelayanan Kesehatan di Klinik Asiki:

1.    Pelayanan oleh Dokter Umum
2.    Pelayanan Gawat Darurat
3.    Pelayanan Rawat Jalan
4.    Pelayanan Rawat Inap
5.    Pelayanan Penunjang Medis
6.    Pelayanan Penunjang Non Medis
7.    Pelayanan dan Asuhan Keperawatan
8.    Pelayanan Rujukan

Sarana Dan Prasarana Di Klinik Asiki

1.        Loket Pendaftaran
2.        Loket BPJS Kesehatan
3.        Instalasi Gawat Darurat dan Triage
4.        Ruang Pemulihan
5.        Ruang Bedah Minor
6.        Rawat Inap ( 22 tempat tidur )
7.        Ruang Rawat Bayi ( Perinatology )
8.        Ruang Bersalin
9.        Ruang Nifas
10.    Ruang Imunisasi
11.    Laboratorium
12.    Poli Umum
13.    Poli Gigi
14.    Poli Kandungan
15.    USG
16.    Apotek
17.    Pantry
18.    Laundry
19.    Ruang Rapat
20.    Musholla








Artikel Terkait

Previous
Next Post »