Berbagai Macam Jenis Lem yang Super-super Lengket

February 28, 2019

Di zaman sekarang orang-orang lebih banyak menggunakan pipa air dari bahan plastik ketimbang pipa besi, selain lebih murah, proses pemasangannya pun lebih simple, pipa  plastik cukup disambungkan dengan menggunakan lem pipa khusus plastik, berbeda dengan pipa besi yang harus di las dan di solder terlebih dulu, dan itu membutuhkan waktu yang cukup lama.



Namun meskipun menyambungkan pipa plastik lebih mudah, hanya dengan menggunakan lem saja, tetapi tetap penggunaan lem tidak boleh sembarangan, karena tidak semua jenis lem bisa dipakai pada pipa. Berikut beberapa tips memilih lem pipa yang bagus, yaitu:
  1. Pastikan lem yang digunakan adalah lem khusus untuk pipa air;
  2. Pilihlah lem yang merekat sempurna, hal ini dilakukan supaya terhindar dari kebocoran;
  3. Pilihlah lem yang  bisa tahan lama;

Berikut beberapa lem yang bisa diaplikasikan untuk semua jenis plastik :

1.  Lem pipa Ruglue dari RUCIKA 

   merupakan lem pipa yang juga bisa digunakan untuk sambungan (fitting) pipa PVC. Kenapa harus pilih lem pipa Ruglue dari RUCIKA? Lem pipa ini dibuat dengan teknologi terkini dan difungsikan untuk mensenyawakan (solvent cement). Lem pipa Ruglue ini bukan hanya untuk sistem perpipaan di rumah, namun proyek gedung bertingkat bahkan untuk proyek bangunan besar.

 2.  Lem Isarplas atau lem PVC

Lem Isarplas adalah lem yang bisa digunakan untuk merekatkan pipa dan fitting, caranya cukup mudah yaitu denga cara oleskan lem, sambungkan pipa sewaktu lem masih basah, kemudian diamkan hingga lem mengering.  Lem Isarplas sendiri sangat di rekomendasikan karena memiliki daya rekat yang luar biasa. Harga lem isarplas dari Rp.8000 s/d Rp.35.000.

3.      Lem G / Lem Korea / Lem Alteco

Lem G ini bisa digunakan untuk merekatkan plastik, karek, kayu, loham, keramik, saat memegang lem ini harus hati-hati karena lem bila terkena tangan akan nempel dan lumayan susah menghilangkannya. Dan untuk harganya pun cukup murah Rp. 7000.

4.      Lem Dextone

Lem dextone memiliki daya rekatnya bagus, lem ini bisa digunakan pada media platik, tembaga, kayu, besi, lem dextone terdiri dari dua bagian yaitu resin dan hardener, untuk pemakaianya pun cukup mudah, dengan cara campurkan resin dan hardener kemudian oleskan pada bagian pipa yang akan dilem. Untuk harganya sendiri relatif murah sekitar 15.000-an.

5.      Lem Sealant

Lem ini memiliki daya rekat yang bagus terutama pada media-media seperti kayu, pplastik, kaca, kanvas dan karet. Harganya dari Rp.8.000 s/d Rp.15.000-an.

6.      Lem UHU

Lem UHU ini bagus digunakan untuk semua jenis plastik, salah satunya untuk merekatkan pipa atau memperbaiki pipa yang rusak, daya rekatnya luar biasa, dan  tahan terhadap panas dan dingin, untuk haraganya pun cukup terjangkau hanya 10.000 s/d 15.000-an saja.

Artikel Terkait

Previous
Next Post »