Perlukah Suplemen saat Latihan Fisik?

January 25, 2019



Sekalipun kamu sudah latihan fisik, tetap memerlukan suplemen untuk fitnes guna mempercepat proses menurunkan berat badan dan membuat perut menjadi langsing. Memang ada banyak pilihan produk suplemen fitnes terbaik. Tapi yang penting kamu ketahui, sebaiknya memiliki kandungan susu whey protein. Protein whey adalah bentuk turunan protein yang lebih mudah diserap sehingga bisa membentuk massa otot dengan lebih baik. Nanti kita ulas di bawah mengapa protein whey ini begitu penting.

Suplemen tersebut juga seharusnya memiliki manfaat langsung terhadap kesehatan secara keseluruhan. Tak hanya mampu meningkatkan massa otot, tapi sekaligus membantu pembakaran lemak dan meningkatkan metabolisme tubuh secara keseluruhan . 

Dengan begitu banyaknya pilihan suplemen dan vitamin untuk fitnes, mungkin kamu bisa jadi bingung. Tapi yang penting kamu garisbawahi adalah suplemen dan vitamin fitnes itu mengandung nutrisi yang kamu butuhkan. Sehingga manfaat suplemen fitnes ini bisa kamu rasakan secara cepat membentuk tubuh ideal seperti yang kamu harapkan. 

Lalu apa saja kandungan suplemen yang perlu kamu kamu perhatikan? Berikut ini daftarnya.

Protein

Suplemen fitnes harus mengandung protein yang cukup. Fungsi protein adalah untuk meningkatkan massa otot. Lalu berapa jumlah protein ideal yang dibutuhkan dan apa jenis protein yang mudah dicerna oleh tubuh? 

Jenis protein terbaik adalah protein whey. Protein ini diserap usus 70 persen lebih cepat dari jenis protein lainnya, seperti kasein dan protein kedelai. Artinya, protein ini sampai ke otot lebih cepat.

Lalu berapa banyak protein yang perlu dikonsumsi? Menurut penelitian, untuk pria yang masih dalam usia muda memerlukan sekitar 20 gram protein whey untuk mencapai hasil terbaik.

Sebaiknya hindari mengonsumsi protein lebih dari 20 gram. Sebab protein berlebih itu nantinya hanya akan banyak dikeluarkan melalui urin.

Vitamin

Vitamin untuk fitnes memang sangat diperlukan. Namun seperti nutrisi lainnya, vitamin pun tak boleh dikonsumsi berlebihan. Vitamin yang bagus dikonsumsi saat fitnes, terutama adalah vitamin C dan E. Kedua jenis vitamin ini berfungsi sebagai antioksidan.

Tentu tak hanya bergantung pada vitamin. Yang terpenting adalah melakukan fitnes atau olehraga secara rutin. Sebab aktivitas ini mendorong peningkatan energi.

Creatine

Suplemen untuk fitnes yang juga efektif adalah yang mengandung creatine. Secara alami, kandungan ini bisa didapatkan pada daging, telur, dan ikan. manfaan creatine adalah bisa meningkatkan massa otot.

Saat unsur creatine masuk ke dalam otot, membantu menghasilkan energi. Ini dapat membantu peningkatan massa otot.

Suplemen Lainnya

Sejumlah suplemen lain yang dibutuhkan bagi kamu yang gemar fitnes dan berolahrga seperti beta-alanin, minyak ikan, asam linoleat, L-arginin, L-karnitin, nitrat dan vitamin D.
Yang terpenting ketahui takaran yang pas untuk suplemen tersebut sehingga manfaat penggunaan suplemen ini bisa dirasakan secara maksimal oleh tubuh kita.


Artikel Terkait

Previous
Next Post »