5 Tips Memilih Handphone Berkualitas Sesuai Kebutuhan

January 11, 2019
Membeli handphone memang sudah menjadi kebutuhan pokok, pasalnya kebutuhan komunikasi secara online dianggap lebih praktis dan murah. Selain membeli baru, banyak juga yang lebih suka membeli smartphone second karena harganya yang lebih murah, terlebih jika kondisinya masih bagus. Entah Anda membelinya second maupun baru, tentu kualitas merupakan prioritas yang tak boleh dikesampingkan. 


Umumnya, handphone yang dibeli oleh pengguna menggunakan OS Android. Ini dikarenakan harganya yang murah, mudah didapat dan layanan purna jual yang tersebar luas. Smartphone ini pun juga sudah mendukung berbagai aplikasi. Jadi meskipun harganya “miring” masih bisa mengakomodir semua kegiatan. Namun masalahnya, banyak yang belum sadar bagaimana cara memilih smartphone berkualitas, akhirnya, setelah membeli menyesal dan menjualnya kembali.

Memilih smartphone sesuai kebutuhan tidaklah sembarangan. Anda harus sedikit sedikit mengerti akan sistem dan hardware smartphone. Apa saja tipsnya?

Tips Memilih Handphone Berkualitas
Memilih perangkat yang terbaik bagi Anda sebenarnya tidak terlalu susah, karena patokan yang penting adalah sesuai dengan kebutuhan Anda. Sehingga setelah membeli tidak akan ada penyesalan, beberapa tips diantaranya.
  1.   Memilih Processor

Hal pertama yang harus dilihat pertama adalah processor, karena ini bagian yang membuat smartphone Anda mampu beroprasi secara kencang. Processor berperan sebagai otak dari smartphone.
Carilah yang minimal dual core, karena aplikasi aplikasi sekarang sudah berat-berat. Jangan lupa memilih cache yang lega. Kecepatan processor minimal 1.5 Ghz keatas sangat direkomendasikan untuk user experience yang lebih baik.
  1.  Memilih RAM

Ram ini merupakan memori jangka pendek dari sebuah smatphone. Ram berfungsi sebagai penyimpanan sementara ketika aplikasi dijalankan. Semakin besar kapasitas RAM, semakin banyak pula kegiatan multi tasking pada sebuah handphone yang bisa dilakukan. Jika kapasitas RAM sedikit, pasti smartphone akan terasa lemot. Pilihlah kapasitas RAM minimal 1 GB dengan frekuensi kecepatan tinggi.
  1.   Memilih GPU

GPU hampir sama seperti processor, namun fungsinya sebagai otak pengolahan grafis. GPU yang mumpuni pasti menghasilkan gambar 2D maupun 3D yang jernih dan tidak lagging. Biasanya GPU ini paling berpengaruh saat Anda bermain game atau film. Oleh karena itu, usahakan memilih GPU dengan merek merek terkenal seperti Nvidia, Andreno dengan kecepatan minimal 1Ghz dan pastikan memilih seri tertinggi.
  1.   Memilih Sistem Operasi

Sistem operasi adalah jembatan antara perangkat keras dengan pengguna. OS inilah yang membuat Anda bisa mengoperasikan smartphone atau komputer di rumah. Oleh karena itu, pilihlah OS yang sesuai kebutuhan dan Anda terbiasa menggunakanya. Jika ada uang lebih, bisa memilih iOS milik Apple.inc. Namun untuk uang pas-pasan, Anda bisa membeli Android dengan versi terbaru, minimal versi Lollipop.
  1.   Memilih Jaringan

Di era digital seperti sekarang ini, komunikasi lebih banyak dilakukan secara online dengan memanfaatkan data internet. Oleh karena itu, penting memilih smartphone dengan konektivitas cepat untuk segala aktivitas sehari-hari. Pilihlah yang sudah mendukung 4G LTE. Hal ini karena dengan teknologi 4G, menonton Youtube lancar, dan pastinya  men-download berbagai konten bisa dilakukan dengan cepat.

Memilih handphone berkualitas tidak terlalu sulit bukan? Anda hanya perlu memperhatikan beberapa perangkat yang sekiranya dapat mempengaruhi kinerja sebuah smartphone yang Anda gunakan. Belilah ditoko resmi yang telah bekerja sama dengan vendor resmi, ini berguna untuk memudahkan klaim garansi ketika produk yang Anda beli bermasalah di tengah masa pemakaian.

Artikel Terkait

Previous
Next Post »