5 Kegunaan Payroll Software Indonesia yang Wajib Diketahui

January 31, 2019

Payroll Software Indonesia merupakan aplikasi untuk menghitung gaji karyawan di tiap-tiap perusahaan yang telah memakai aplikasi ini. Pembayaran dengan sistem payroll biasanya didukung oleh bank-bank di Indonesia dalam masalah pengiriman uang ke rekening pekerja. Penghitungan gaji bersistem payroll, berikut ini daftar pekerjaan yang dapat dilakukan aplikasi payroll:
 

Perhitungan Gaji

Sudah tidak diragukan lagi bahwa perhitungan gaji menggunakan sistem payroll jauh lebih efisien dibandingkan dengan yang lainnya. Mengapa demikian? Software ini mencakup banyak rumus dan ketentuan seperti potongan absen ketidakhadiran kerja, angsuran BPJS ketenagakerjaan, penambahan hari lembur, dan tunjangan bonus lainnya. Tidak hanya itu menggunakan sistem payrol juga lebih menghemat waktu, pekerjaan jauh lebih efisien dan mengurangi resiko kesalahan dalam perhitungan gaji.
 

Data Tersimpan Secara Aman dan Otomatis

Data-data penghitungan gaji secara manual memberikan resiko kehilangan data. Hal tersebut dapat terjadi karena banyaknya file yang harus disimpan dalam satu lokasi atau tempat. Jika menggunakan sistem hitung lewat Ms. Exel tetap membutuhkan waktu selama beberapa hari dikarenakan banyaknya jumlah karyawan dalam satu perusahaan. Namun, jika menggunakan sistem payroll data akan tersimpan secara aman dan otomatis sehingga tidak perlu takut untuk kehilangan data.
 

Formulir Pajak

Keuntungan lainnya ketika menggunakan payroll software Indonesia diantaranya dapat membuat formulir pajak yang sangat dibutuhkan oleh karyawan ataupun perusahaan sendiri. Formulir pajak yang telah dibuat dapat dikirimkan atau dicetak sesuai kebutuhan.
 

Disesuaikan Kebutuhan Pabrik

Software payrol tidak hanya digunakan oleh pabrik atau perusahaan berskala besar saja, namun yang bertaraf menengah dan UKM dapat menggunakan aplikasi ini. Fitur-fitur yang ada di Payroll dapat disesuaikan dengan kebutuhan pabrik. Tentunya perusahaan besar dan kecil memiliki kebutuhan fitur yang berbeda.
 

Pelayanan Sendiri

Keunikan dari payroll software Indonesia lainnya adalah karyawan dapat memantau atau menghitung sendiri pendapatan mereka setiap bulannya. Jika terdapat kesalahan langsung dapat mengoreksi. Hal tersebut tentunya mempermudah karyawan tanpa harus membuat surat pengajuan permohonan kepada para staf HRD perusahaan.

Seiring perkembangan zaman, payroll dibuat untuk mempermudah pekerjaan pihak perusahaan dalam mengelola data karyawan khususnya dalam bidang keuangan dan perhitungan gaji. Artikel lainnya yang menarik untuk kalian baca : Payroll software untuk mengelola gaji karyawan di perusahaan Anda.

Artikel Terkait

Previous
Next Post »