Berikut Ini Tanda-Tanda Motor Perlu Diservis

December 20, 2018

Bengkel motor harus segera Anda datangi untuk melakukan servis motor dengan rutin. Setiap barang tentunya memerlukan perawatan agar tetap dalam kondisi bagus dan tidak cepat rusak, salah satunya motor. Onderdil motor semakin lama digunakan tentu mengalami keausan. Ini akan berpengaruh pada kenyamanan, keawetan motor, dan keselamatan Anda jika tidak segera melakukan servis.


Namun masih banyak orang yang belum mengerti tentang motor. Bahkan banyak pula yang bingung, kapan waktu tepat untuk servis motor. Agar Anda tidak mengalami hal yang sama, berikut informasi mengenai tanda-tanda motor harus segera diservis di bengkel motor :

     1.      Suara mesin terdengar kasar

Tanda pertama yang menunjukkan motor perlu diservis adalah suara atau bunyi mesin yang terdengar kasar dan tidak sama seperti awal semula. Ini bisa terjadi pada motor matic ataupun motor manual. Suara mesin kasar biasanya disebabkan oleh kualitas bahan bakar yang tidak memenuhi standar keausan yang terjadi pada busi dan klep bahan bakar yang tidak terpasang dengan sempurna.

     2.      Tarikan berat

Selanjutnya yaitu tarikan yang berat. Jika Anda sudah merasa tarikan terasa berat, maka ini bisa menjadi tanda motor perlu dibawa ke bengkel motor untuk diservis. Ini biasanya disebabkan oleh pergantian oli tidak teratur, busi yang melemah, kepala silinder yang kotor, dan karburator yang kemasukan air hingga oli yang terlalu banyak.

     3.      Boros BBM

Selanjutnya yaitu konsumsi BBM yang semakin hari semakin boros. Ini biasa terjadi pda motor matic. Masalah ini biasa disebabkan oleh beberapa hal seperti penyetelan sistem karburator dan ECU yang tidak tepat, ban kempes, penggunaan knalpot free flow, dan lain sebagainya.

     4.      Motor mengeluarkan asap putih atau hitam dari knalpot

Ini menjadi tanda yang paling mudah dideteksi. Keluarnya asal dari motor bisa dikarenakan lubang silinder sudah aus, oli pelumas yang terlalu banyak, dan penggunaan oli yang kualitasnya kurang.

     5.      Susah dihidupkan di pagi hari

Banyak orang yang beranggapan jika motor yang susah dihidupkan di pagi hari karena kedinginan dan menjadi hal yang wajar. Padahal hal ini tidak boleh dibiarkan. Motor yang susah hidup dikarenakan karburator yang kotor dan setelan klep yang berubah.

     6.      Sulit mengoper gigi

Bagi motor manual, masalah yang sangat sering terjadi yaitu sulit atau keras dalam memindah gigi. Ini terjadi karena setelan kopling tidak pas dan ini akan sangat mengganggu kenyamanan Anda.

     7.      Mesin yang mendadak mati

Tanda selanjutnya yang menunjukkan jika motor perlu diservis adalah mesin yang mendadak mati ketika digunakan berkendara. Ini bisa karena baut platina yang longgar, jet langsam yang ada pada karburator tersumbat dan lain sebagainya.

     8.      Sudah dipakai 2.000 KM

Tanda yang terakhir dan yang paling penting, sebaiknya Anda tidak menunggu mesin motor yang bermasalah, dan baru membawanya untuk servis. Lebih baik melakukan servis sesuai dengan anjuran yaitu setiap selesai dipakai 2.000 KM sekali.

Itu dia beberapa tanda yang menunjukkan jika motor harus segera diservis di bengkel motor. Jangan lupa untuk memilih bengkel yang terpercaya dan berkualitas. Agar Anda tidak salah pilih, lebih baik servis motor Anda di bengkel resmi sesuai dengan merek motor yang dimiliki. Jika Anda memiliki motor dengan merek Yamaha dan berdomisili di Kota Madiun bisa mendatangi bengkel Yamaha Solo Motor yang berada di jalan K.H. Agus Salim No. 35 Kota Madiun.

Dengan mendatangi bengkel resmi, Anda tidak perlu takut motor kesayangan diservis oleh mekanik yang tidak  berpengalaman.


Artikel Terkait

Previous
Next Post »