Mengulas Lengkap Tentang Router Wifi

September 13, 2018
Anda mungkin telah menggunakan jaringan Wi-Fi saat bekerja tetapi tidak pernah mengatur sendiri? Terlebih lagi banyak sekali tempat yang jual router wifi untuk bisa memenuhi kebutuhannya. Anda perlu mengetahui saat mendapatkan router Wi-Fi untuk rumah, berikut beberapa hal yang perlu diingat. Jika Anda menggunakan kabel Ethernet untuk memperbaiki internet, Anda mungkin bertanya-tanya mengapa Anda ingin beralih ke koneksi nirkabel. Terlepas dari persepsi yang tersebar luas, Wi-Fi tidak sesuai dengan kesetiaan nirkabel. Sebaliknya, Wi-Fi adalah nama merek untuk teknologi yang mendasari berdasarkan standar untuk jaringan nirkabel berbasis radio.




Perangkat yang terhubung ke jaringan Wi-Fi menerjemahkan data menjadi sinyal radio yang mentransmisikan di seluruh jaringan. Radio Wi-Fi mengirimkan pada frekuensi 2.4GHz atau 5GHz. Jaringan pada pita 2.4GHz memiliki kecepatan maksimum 450Mbps, sementara jaringan 5GHz max pada 1300Mbps. Ini adalah kecepatan puncak teoritis, dan akan bervariasi tergantung pada berbagai kondisi termasuk standar Wi-Fi yang digunakan jaringan.

Meskipun Anda dapat membuat jaringan lokal, penggunaan yang paling populer untuk Wi-Fi adalah menghubungkan perangkat ke internet yang lebih luas. Internet disalurkan ke rumah Anda melalui jaringan kabel bawah tanah yang kompleks. Jadi sebelum Wi-Fi, satu-satunya pilihan Anda adalah menggunakan kabel untuk menghubungkan masing-masing perangkat. Tetapi jika data masuk ke rumah Anda melalui kabel, bagaimana Anda membuatnya nirkabel? Dengan router. Router adalah titik pusat jaringan rumah Anda. Ini menghubungkan baik langsung ke kabel jaringan Anda, atau melalui modem. Semua lalu lintas masuk dan keluar kemudian melewati router. Radio Wi-Fi dibangun ke router sehingga data dapat berubah menjadi gelombang radio untuk disiarkan ke, dan menerima data dari, perangkat Anda yang terhubung.

Dengan banyak menyediakan antarmuka web bagi Anda untuk mengelola pengaturan router dan memonitor aktifitas jaringan. Sedangkan untuk jenis router Wi-Fi yang Anda butuhkan tergantung pada penyedia layanan internet (ISP) Anda, Anda mungkin perlu membeli router, router, dan modem terpisah, atau router-modem. Hampir semua ISP menggunakan DSL atau serat untuk layanan mereka, yang memerlukan konversi sinyal oleh modem. Kebanyakan perute modern memiliki modem yang ada di dalamnya, jadi Anda hanya membutuhkan satu perangkat. Namun, perlu dicek dengan ISP Anda karena beberapa memerlukan penggunaan modem eksklusif.

Dengan ratusan model untuk dipilih ditempat jual router wifi, maka semua dengan nama yang mirip dan terminologi yang kompleks, memilih router dapat menjadi tugas yang melelahkan. Sebelum membelinya maka Anda harus mencatat fitur router mana yang paling penting bagi Anda. Kebutuhan Anda kemungkinan akan berbeda jika Anda berniat menggunakan jaringan Wi-Fi Anda untuk bermain game online atau bekerja. Setelah mendaftar dengan ISP dan membeli router Anda, Anda harus menyiapkan jaringan rumah Anda. Meskipun ini akan berbeda-beda menurut perangkat, ada beberapa pertimbangan umum untuk router baru.


Artikel Terkait

Previous
Next Post »