6 Hal Penting Terkait Biaya dan Pembayaran di TunaiKita

September 15, 2018
Melodi Blog - Setelah mengenal profil TunaiKita dan cara pengajuannya, maka sudah saatnya mengenal biaya serta sistem pembayarannya. Cara bayarnya sederhana sih. Bisa lewat ATM, internet banking, atau secara manual lewat teller. Tapi, ada hal-hal lain yang wajib Anda perhatikan terkait biaya dan pembayarannya sebagaimana berikut ini.


1. Biaya Tambahan di TunaiKita

Biaya tambahan di TunaiKita yang dikenakan ada 2, yakni biaya admin untuk setiap pembayaran serta biaya jasa. Jumlah biaya tambahannya amat dipengaruhi oleh kualitas perangkat serta riwayat pembayaran Anda berdasarkan data online yang disimpulkan. Perbedaan lainnya juga didasarkan pada pinjaman Premier+, Fast, Sakti+, dan Sakti.

Untuk biaya tambahan pinjaman Premier+, ada biaya administrasinya sebesar 100 ribu hingga 150 ribu Rupiah dan sekali bayar. Sedangkan biaya jasanya antara 3-8 persen. Pada pinjaman Fast atau jangka pendek, biaya administrasinya sebesar 15 ribu sampai 35 ribu Rupiah dengan satu kali bayar. Sedangkan biaya jasanya 0,95% dari biaya jasa harian.
Untuk biaya tambahan pinjaman Sakti+ jangka panjang, total biaya administrasinya antara 100 ribu sampai 150 ribu Rupiah (satu kali bayar). Sedangkan biaya jasanya 2,75%-7,75% dari biaya jasa bulanan. Biaya administrasi untuk pinjaman Sakti jangka pendek sebesar 15 ribu sampai 35 ribu Rupiah (1 kali bayar). Untuk biaya jasanya 0,7%-0,9% dari jasa harian.

2. Alasan Penting Kenapa Bunganya Lebih Tinggi

Berhubung TunaiKita bukan bank, tentu tidak bisa menerapkan bunga bersaing seperti bank pada umumnya. Fintech ini berplatform peer-to-peer yang sudah diatur dalam POJK/77 dan tidak adanya kontrol terhadap sumber pembiayaan. Dengan adanya skor kredit, semakin Anda membayar tepat waktu, maka bisa dapat untung berupa pengurangan biaya tertentu.

3. Perpanjangan Tanggal Jatuh Tempo dan Caranya

Khusus untuk jenis pinjaman TK Premier+ dengan tenor 3-6 bulan, tidak ada perpanjangan tanggal jatuh tempo. Kebijakan ini hanya berlaku untuk jenis pinjaman TK Fast+ dengan tenor 10-30 hari. Total perpanjangannya dibatasi hanya 2 kali saja. Caranya dengan membayar nominal minimum di layar Home pada aplikasi Anda.

Setelah pembayaran berhasil Anda lakukan, maka sistem aplikasi akan memberikan konfirmasi. Usai menerima notifikasi lewat SMS, Anda kembali lagi ke laman yang ada tombol “Perpanjang” di layar Home itu. Kemudian, Anda klik saja “Konfirmasi” biar perpanjangan pinjaman Anda aktif saat itu juga.

4. Ketika Menerima Informasi Pinjaman Mendekati Jatuh Tempo

Untuk menghindari terlambat membayar, langsung saja buka dan masuk ke akun Anda di aplikasi. Pilih “Bayar Sekarang” yang terdapat di halaman utama. Ikuti instruksi pembayarannya yang bisa dilakukan via ATM maupun lewat toko. Setelah bayar, simpan bukti pembayaran Anda. Siapa  tahu suatu hari dibutuhkan.

5. Cara Mengetahui Pembayaran yang Sudah Diterima

Soal cara untuk mengetahui status pembayaran yang sudah diterima itu mudah kok. Tinggal rajin-rajin buka email, SMS, maupun aplikasi saja. Soalnya, begitu pembayaran sukses dilakukan, secara otomatis Anda akan mendapat pemberitahuan lengkap. Kalau mau, simpan saja bukti-buktinya itu dengan screenshot atau copas ke tempat tertentu.

6. Pengaruh Cicilan terhadap Pengajuan yang akan Datang
 
Singkatnya, seluruh pencatatan transaksi itu dilakukan oleh lending robot. Jadi, semakin awal Anda membayar, nilai skor kreditnya semakin baik. Begitu pula sebaliknya. Apakah berpengaruh terhadap pengajuan ke depannya? Tentu saja. Hanya saja wewenang untuk memutuskan disetujui atau ditolak milik perusahaan. Bukan BI Checking.

Sekali-kali, harap jangan sampai Anda terlambat bayar tagihan per bulannya, ya. Soalnya TunaiKita memberikan kebijakan yang cukup tegas. Ketika semakin sering Anda terlambat, maka denda biayanya lebih tinggi. Tapi kita lihat sisi baiknya. Bukankah dengan begitu, Anda lebih termotivasi untuk bekerja lebih giat agar tidak terlambat biarpun sehari

Artikel Terkait

Previous
Next Post »