Resep KueTanpa Oven yang Lembut, Solusi Hobi Bikin Kue Terpraktis

February 22, 2018
Resep kue tanpa oven yang lembut kini menjadi idola banyak orang. Sedang booming-boomingnya karena mudah untuk dibuat. Cocok untuk para pembuat kue pemula yang baru saja mencoba praktik bikin kue. Soal rasa dan hasilnya secara keseluruhan, hampir tidak ada bedanya dengan membuat kue pakai oven. Dijamin, resep kue tanpa oven yang lembut ini mudah dan sangat memuaskan hasilnya. 

Oven adalah alat utama yang harus ada ketika kita ingin membuat kue. Alat ini disebut sebagai alat pemanggang kue. Dirasa sangat sulit proses pembuatan kue jika tidak memakai oven ini, karena dengan menggunkan oven, kue akan mengembang dengan sempurna. 


Prinsip kerja oven ini menggunakan listrik dan ada juga yang menggunakan tenaga api. Untuk oven listrik, kita tinggal mencolokkan stop kontaknya saja, sedangkan untuk oven api, kita bisa memakai kompor untuk penghasil apinya. Oven diletakkan di atas kompor. 

Harga oven di pasaran pun tidak mahal. Ada banyak ukurannya, variasinya, serta mereknya. Harga akan mengikuti ukuran, merek, dan kualitasnya, karena harga membawa kualitas. Ketersediaan oven ini di pasaran sangatlah mudah, karena banyaknya orang yang hobi membuat kue bahkan bukan hanya untuk dimakan sendiri, melainkan untuk dijual. 

Resep kue tanpa oven yang lembut

Kini seiring perkembangan jaman dan setelah melakukan banyak uji coba, ternyata bisa dilakukan dengan sukses tanpa menggunakan oven. Berikut adalah salah satu contoh resep kue tanpa oven yang lembut :

Resep Kue Coklat Tanpa Oven
Bahan : 
Tepung terigu 250 gram
Gupa pasir 350 gram
Telur ayam 1 butir saja
Margarin 
Cokelat Bubuk 3 sdm
Susu cair 250 ml
Ekstrak vanila 1 sdm
Backing powder 1 sdm
Garam

Cara membuatnya adalah : 

1. Bagi dua buah tempat untuk melakukan dua aktivitas yang berbeda. 
2. Untuk aktivitas pertama yang dilakukan adalah tepung terigu, cokelat bubuk, ekstrak vanila, dan backing powder di ayak. 
3. Siapkan di tempat lain untuk mengaduk margarin, telur, dan gula. Masukan satu persatu dan sedikit demi sedikit agar semuanya tercampur rata.
4. Setelah semua tercampur, maka masukkan ayakan ketiga bahan bubuk sebelumnya. Campurkan sampai kalis. Tambahkan garam serta susu cair. Pastikan penambahan garam cukup sehingga rasanya bisa diseimbangkan dan pas.
5. Siapkan loyang, taburi tepung terigu tetapi olesi mentega terlebih dahulu agar tidak lengket nantinya.
6. Masukkan adonan ke dalam loyang dan ratakan. 
7. Panaskan dandang dengan api yang stabil atau sedang. 
8. Setelah air dandang panas, maka masukkan loyang ke dalam dandang dan masak sampai 45 menit lamanya. Pastikan loyang tertutup rapat. Selama pengukusan, jangan membuka tutup dandang, gara matang sempurna. 
9. Angkat setelah pengukusan 45 menit dan diamkan. 
10. Setelah dingin, baru sajikan. 
11. Dalam penyajiannya, kita bisa menambahkan topping berupa keju, messes, atau butiran cokelat warna-warni.

Cukup mudah membuat kue tanpa menggunakan oven ini. Mengoven sama dengan mengukus. Dengan menggunakan dandang ini pun sama dengan mengukus seperti oven. Jadi kue dijamin cepat jadi dan rasanya tidak kalah dengan kue yang dioven. 

Catatan penting dalam membuat resep kue tanpa oven yang lembut ini adalah bahwa kita harus mencampurkan bahannya dengan rata. Pakai mixer ataupun enggak, tidak masalah, yang penting adonannya rata. Pengukusan yang tepat waktu pun juga harus dilakukan agar hasilnya tidak gosong. Pastikan tutup dandang dilapisi lap agar uap airnya tidak menetesi kue. 
  

Artikel Terkait

Previous
Next Post »