Gejala-Gejala Demam Berdarah yang Mesti Anda Ketahui

September 23, 2019


Melodi Blog - Seluruh masyarakat Indonesia, tentunya sudah mengenal dengan apa yang namanya penyakit demam berdarah. Penyakit yang biasa disebut dengan istilah DBD (Demam Berdarah Dengue) ini sendiri, diakibatkan oleh gigitan nyamuk, dan dikenal dengan gejalanya yang khas yakni suhu tubuh yang tinggi, nyeri sendi, sakit kepala, sakit otot, sakit pada tulang dan juga merasakan sakit pada area belakang mata. Yang mana virus dengue ini menyerang seseorang melalui perantara nyamuk Aedes aegypti dan Aedes Albopictus. Ciri-ciri yang mudah ditemukan pada jenis nyamuk ini adalah warnanya yang hitam dengan belang-belang putih di tubuhnya. Dan faktanya kedua jenis nyamuk ini banyak berkembang di wilayah iklim tropis termasuk Indonesia. Untuk itu setidaknya anda harus mengetahui pengobatan demam berdarah ini, agar bisa dijadikan sebagai salah satu langkah antisipasi pengobatan pertama sebelum pergi ke dokter. 

Lebih lanjut penyakit DBD ini sejatinya bisa menyerang siapa saja, baik anak-anak maupun orang dewasa. Secara umum gejala DBD ini bisa dikenali dengan ciri-ciri sebagai berikut : 

1. Merasakan pusing di kepala
2. Kehilangan nafsu makan dan bahkan kehilangan selera makan
3. Wajah terlihat berwarna kemerahan
4. Sering merasakan mual hingga muntah
5. Sering merasakan badan terasa lelah, lesu dan capek secara terus menerus
6. Tenggorokan terasa sakit
7. Kelenjar getah bening membengkak
8. Dan suhu tubuh bisa sangat tinggi hingga bisa mencapai 41 derajat celcius. 

Khusus untuk anak-anak, selain mengalami gejala-gejala di atas biasanya anak yang menderita DBD ini selalu disertai juga dengan munculnya bintik-bintik merah di kulit. Adapun pertolongan pertama dan pengobatan yang bisa anda lakukan bila terserang DBD adalah dengan beberapa cara sebagai berikut :

Konsumsi banyak air mineral untuk mencegah dehidrasi
Anda juga bisa mengkonsumsi parasetamol dan acetaminophen sesuai dosisnya untuk meredakan demam dan nyeri yang bisa dipesan online melaui situs https://www.goapotik.com/produk/rhinos-neo-10-ml-drop-1 
Istirahat yang cukup
Sebisa mungkin hindari aktivitas yang berat hingga kondisi anda dirasa sudah benar-benar pulih. 
Hindari konsumsi obat-obatan seperti ibuprofen, naproxen sodium, juga aspirin karena bisa memicu pendarahan di dalam. 

Artikel Terkait

Previous
Next Post »