Tips Aman Merawat Luka Anak dengan Plester Luka

May 10, 2019



Di usianya yang mulai berkembang, anak-anak biasanya sudah mulai aktif untuk bersosialisasi dan  bermain dengan teman-teman sebayanya. Tak jarang ketika bermain, anak mengalami cedera ringan seperti terjatuh, tergores benda tajam, maupun jenis luka lainnya. Oleh karena itu, para orangtua harus selalu siap siaga untuk menanganinya, salah satunya dengan menyediakan plester luka anak.

Tips Merawat Luka Anak dengan Plester Luka
Plester merupakan salah satu bahan yang berguna untuk mencegah adanya infeksi kuman yang kemungkinan masuk pada daerah luka. Penggunaan plester ini diklaim lebih aman dibanding dengan menggunakan obat merah karena luka dapat ditutup dengan sempurna.

Namun, penggunaan plester luka yang tidak tepat justru akan semakin memperparah keadaan luka. Oleh karena itu sebelum merawat luka anak, ketahui terlebih dahulu beberapa tips merawat luka pada anak berikut ini.

     1.     Bersihkan Luka Terlebih Dahulu
Luka yang masih baru biasanya mengandung kuman dan bakteri yang ikut bersamanya. Sebelum menempelkan plester pada luka anak, sebaiknya Anda membersihkan lukanya terlebih dahulu. Hal ini dilakukan agar luka menjadi steril dan terbebas dari infeksi kuman dan bakteri. Untuk membersihkan luka pada anak, gunakan cairan antiseptik yang aman dan melembabkan kulit seperti cairan polyhexanide. Untuk mengetahui info lebih lengkap, Anda dapat mengunjungi id.hansaplast.id

      2.     Ganti Plester Minimal Dua Kali Sehari
Memang benar bahwa plester luka sangat aman digunakan untuk merawat luka ringan. Hal ini dikarenakan kemampuannya untuk mencegah masuknya bakteri menjadi lebih aman dibandingkan dengan menggunakan obat merah.

Namun yang harus Anda ketahui, penggunaan plester untuk luka ini tidak bisa hanya sekali pakai. Apalagi jika anak-anak sering terpapar benda-benda kotor dan juga air. Maka daerah luka akan menjadi lebih lembab dan kotor sehingga infeksi akan semakin menyebar.

Untuk menghindari hal tersebut terjadi pada anak Anda, maka perlu dilakukan penggantian plester minimal dua kali sehari setelah anak selesai mandi. Dengan begitu daerah luka akan tetap kering dan terjaga kebersihannya.

      3.     Gunakan Plester Lucu untuk Menarik Perhatian Anak
Kebanyakan anak-anak enggan jika tangan, kaki, atau anggota tubuh mereka ditempeli oleh benda asing seperti plester luka. Padahal plester ini memiliki manfaat terutama untuk mencegah terjadinya infeksi pada daerah luka.

Sebagai solusinya, anda dapat memilih berbagai jenis plester lucu sehingga dapat menarik perhatian anak untuk tidak melepasnya. Salah satu produk plester yang sudah menghadirkan berbagai variasi plester khas anak adalah hansaplast. Anda juga dapat menemukan berbagai produk plester anak di id.hansaplast.id

Disini Anda akan menemukan berbagai produk plester dengan tema karakter yang sangat lucu seperti plester anak Frozen, plester anak Mickey and Friends, plester anak Princess, dan juga plester anak Star Wars. Anda tentunya dapat menyesuaikan jenis plester ini  dengan karakter favorit anak.

      4.     Berikan Penjelasan yang Menyenangkan Kepada Anak
Mayoritas anak-anak belum paham mengenai plester dan bagaimana cara kerjanya dalam merawat luka. Maka tak heran jika banyak anak-anak yang enggan lukanya dirawat dengan plester luka karena takut sakit.

Jika anak Anda juga mengalami hal yang serupa, sebaiknya Anda memberikan pemahaman dan juga penjelasan mengenai kegunaan plester kepada anak dengan cara yang menyenangkan. Dengan begitu, mereka akan setuju jika luka yang mereka alami dirawat dengan menggunakan plester.

Demikianlah beberapa tips yang bisa Anda lakukan ketika akan merawat luka pada anak dengan plester luka. Walaupun tergolong sepele, namun tips sebelum merawat luka anak ini sangat penting untuk Anda ketahui.

Artikel Terkait

Previous
Next Post »