Periode Emas Tumbuh Kembang Anak

April 18, 2019
Sebelum kita bicara lebih jauh tentang tumbuh kembang anak, yuk mari kita pahami dulu apa sih tumbuh kembang anak itu?. Tumbuh atau pertumbuhan adalah bertambahnya ukuran, panjang, besar, dan lain-lain. Pertumbuhan ini sifatnya kuantitatif atau dapat diukur. Jadi dapat ditentukan dengan ukuran satuan international seperti centimeter, kilogram, dsb. Sedangkan perkembangan adalah bertambahnya kualitas, fungsi dari seseorang. Perkembangan ini tidak dapat diukur dengan satuan ukuran alias bersifat kualitatif. Setiap manusia akan mengalami pertumbuhan dan perkembangan dari sejak pertama pembuahan hingga akhir dari masa remaja. Ini memang ciri khas manusia dikatakan sebagai makhluk hidup. Yaitu terus tumbuh dan berkembang.


Setelah tau dan faham makna dari tumbuh dan berkembang, sekarang yang menjadi pertanyaan dari periode sepanjang itu kapan sih waktu yang paling krusial dalam tumbuh dan kembang anak? atau waktu kapan sih anak itu akan tumbuh dan berkembang sangat pesat? Tentu pertanyaan ini harus tuntas dijawab dan difahami oleh para orangtua khususnya ibu agar dapat memaksimalkan pertumbuhan dan perkembangan anak sehingga nantinya anak akan tumbuh sebagaimana fitrah ia diciptakan.

Masa golden period pada pertumbuhan dan perkembangan anak adalah meliputi masa prenatal dan postnatal. Masa prenatal adalah masa di dalam kandungan dan postnatal adalah setelah kelahiran. Tapi tidak selamanya setelah kelahiran akan menjadi masa golden periode melainkan yaitu 1000 hari alias sejak awal kehamilan atau pembuahan sampai usia dua tahun. Karena pada masa ini sangatlah penting dan krusial? Karena pada masa ini semua organ vital dalam diri seorang anak sedang terbentuk dan berkembang menuju fungsinya secara maksimal. Jika pada masa ini orangtua tertinggal atau tidak memperhatikan hal-hal yang dapat mendukung petumbuhan dan  perkembangan anak maka anak akan tumbuh menjadi manusia yang kurang optimal dan maksimal sehingga akan mempengaruhi bagaimana ia kelak hidup. Sangat krusial bukan? Karena selain alasan diatas, masa golden period ini hanya terjadi satu kali, jika dalam satu kali ini tidak dimaksimalkan maka orangtua akan kehilangan buah hati yang sempurna sesuai dengan fitrah.

Lalu apa saja sih yang dibutuhkan bagi tumbuh kembang anak? Ada banyak faktor yaitu masa prenatal dan postnatal. Pada masa prenatal atau dalam kandungan, kesehatan ibu, asupan gizi ibu, imunitas ibu, keadaan emosi ibu, penyakit yang diderita ibu, toxin, infeksi, dll. sangat berpengaruh bagi pertumbuhan dan perkembangan janin dalam kandungan. Dalam hal ini, yang paling penting adalah pada masa hari pertama kehamilan karena pada masa ini akan terjadi pembentukan otak sebesar 25%. Jika asupan nutrisi ibu kurang pada masa awal kehamilan ini akan sangat berpengaruh pada tumbuh kembang janin terutama organ yang vital bagi manusia yaitu otak.

Selanjutnya yang tidak kalah berpengaruh pada tumbuh kembang anak yaitu pada masa postnatal atau setelah kelahiran. Pada masa ini faktor yang sangat berpengaruh adalah lingkungan. Lingkungan meliputi banyak hal yaitu asah, asih, dan asuh. Asah yaitu stimulasi atau motivasi. Dalam hal ini sangat mempengaruhi perkembangan anak. Jika anak sejak dini diberi stimulasi anak akan cepat belajar dan pembangannya akan semakin pesat, tetapi tentunya disesuaikan dengan tahapan perkembangan sesuai usia. Selanjutnya yaitu asih, asih adalah kasih sayang. Kasih sayang yang diberikan oleh orangtua dan orang-orang disekelilingnya akan sangat berpengasuh terhadap perkembangan jiwa dan emosional anak. Anak yang mendapat kasih sayang penuh sari orangtua dan orang-orang di sekelilingnya akan mempunyai emosi yang stabil, ceria, dan tidak tumbuh menjadi anak yang tempramen dan mudah tantrum. Yang terakhir yaitu asuh. Asuh adalah pola pengasuhan yang diberikan oleh orangtua dan keluarga. Anak yang diasuh dengan metode yang tepat, perkembangan jiwanya akan baik. Karakter anak akan tumbuh sesuai fitrah dan saat sudah dewasa akan menjadi anak yang tangguh.

Selain itu pada masa postnatal yang tak kalah penting untuk diperhatikan adalah pertumbuhan anak. Pertumbuhan anak ini dapat dicapai secara optimal yaitu dengan asupan gizi yang cukup dan sesuai dengan kebutuhan. Pada hari pertama kelahiran sampai usia 6 bulan yang dibutuhkan anak adalah ASI,  maka orangtua harus memberikan ASI secara eksklusif selama 6 bulan tanpa perlu makanan tambahan lain. ASI ini selain sangat berpengaruh terhadap petumbuhan anak karena nutrisi yanh dikandungnya tetapi ASI ini juga berpengaruh terhadap perkembangan anak. Setelah itu anak usia 6 bulan sampai usia 2 tahun harus diberikan makanan pendamping ASI. Ingat, makanan pendamping ASI bukan pengganti ASI. Jadi para ibu harus tetap memberikan ASI tetapi bedanya disini ditambah dengan penambahan makanan lain. Makanan yang diberikan tentunya harus yang bergizi dan sesuai dengan tahapan usia. Misalnya saat masih 6 bulan diberikan bubur atau makanan lain seperti sayur atau buah yang dihaluskan, tentunya berbeda saat anak sudah menginjak usia 1 tahun atau lebih anak sudah dapat diberi makanan yang lebih bertekstur atau makanan yang sudah bisa digigit dan dipegang. Karena dalam tahap ini bukan hanya untuk memberi nutrisi pada anak melainkan juga melatih motorik sang anak yaitu dari memegang, mengambul makanan, dan juga menggigit.

Yap sekian, menjadi orangtua dengan anak yang tumbuh dan berkembang sesuai fitrahnya memang tak mudah, tetapi semua itu dapat kita pelajari, maka jangan lelah untuk selalu belajar dan berusaha. Keep spirit!!

Artikel Terkait

Previous
Next Post »