Aplikasi Pinjam Uang Online Terpercaya, Ini Caranya

April 04, 2019


Terjadinya beberapa kasus pinjam uang online berbanding lurus dengan rendahnya literasi masyarakat untuk mengenali ciri-ciri fintech yang terpercaya. Akibatnya banyak korban yang harus kehilangan pekerjaan sampai menanggung malu karena penagihan utang dilakukan dengan menyebarkan pesan kepada orang-orang terdekat.

Padahal, Otoritas Jasa Keuangan (OJK) sudah mewanti-wanti agar masyarakat lebih selektif memilih aplikasi pinjam uang online. Di antaranya adalah aplikasi yang sudah mendapatkan izin dan diawasi langsung oleh OJK.

Sayangnya, imbauan ini tidak diindahkan. Dengan alasan ingin mendapatkan uang lebih cepat dengan proses mudah. Padahal, masih ada aplikasi pinjam uang online terpecaya yang memberikan pinjaman dana tunai karena sudah terdaftar di Otoritas Jasa Keuangan seperti Kredivo.


Risiko meminjam pada fintech ilegal sangat besar. Selain membebankan bunga yang tinggi, data-data pengguna juga berisiko dijual kepada pihak ketiga. Praktik inilah yang hendak dicegah oleh OJK. 

Itulah mengapa OJK menentukan beberapa peraturan bagi fintech yang beroperasi di bawah pengawasan OJK demi melindungi konsumen.

Kredivo adalah aplikasi pinjam uang online yang kredibel bahkan menjadi salah satu aplikasi terbaik versi Google Play pada tahun 2017. Penghargaan ini juga tidak dicapai dengan mudah. Di samping itu menjadi bukti bahwa aplikasi Kredivo bukan aplikasi abal-abal.


Soal bunga, kamu bisa bandingkan antara bunga Kredivo dengan bunga perusahaan lainnya. Kredivo memberikan bunga hanya 2,95% per bulan.

Lembaga keuangan konvensional saja hanya membebani bunga antara 1%-3% per bulan. Artinya jika ada perusahaan yang memberikan bunga lebih dari itu, kamu sudah patut curiga. 

Hitung-hitungan soal bunga, bunga Kredivo jauh lebih rendah 50% dibandingkan dengan perusahaan lainnya. Malahan ada perusahaan yang memberikan bunga hingga 1% per hari, bukan per bulan lho! 

Untuk perusahaan semacam ini bukan berarti dibiarkan saja oleh OJK. OJK punya satuan khusus untuk menanganinya. Repotnya jika perusahaan tersebut memang berganti-ganti nama sehingga menyulitkan untuk ditindak. Jadi, masyarakat juga punya peran agar tidak membuat perusahaan seperti ini menjadi tumbuh subur.

Jadi, pilih yang pasti-pasti aja, terutama yang benar-benar sudah mendapatkan lisensi untuk beroperasi di Indonesia dari OJK.

Lalu bagaimana cara daftarnya jika tertarik ingin pinjam uang online lewat Kredivo? Mudah saja kok!

Pertama, download dulu aja aplikasinya di Google Play Store. Bagi pengguna iOS juga bisa langsung download di App Store.

Pastikan kamu sudah memenuhi persyaratan berikut ini ya:
WNI berusia antara 18 sampai 60 tahun
Berpenghasilan minimal Rp 3.000.000 per bulan
Berdomisili di Jabodetabek, Bandung, Surabaya, Semarang, Palembang, Medan, Bali, Yogyakarta, Solo, Makassar, Malang, Sukabumi, Cirebon

Persyaratan ini bukan tanpa alasan. Agar tidak terjadi kredit macet, ini juga menjadi tolak ukur bagi Kredivo untuk memberikan kredit limit lho.

Boleh dibilang, kredit limit yang diberikan Kredivo paling besar lho diantara perusahaan lainnya, yaitu hingga Rp30 juta. Lagi-lagi tidak semua bisa mendapatkan kredit sebesar itu, karena ada perhitungannya.

Machine learning Kredivo punya cara khusus untuk menaksir berapa besar kredit limit yang pantas dari data-data yang didapatkan. 

Makanya, saat melakukan pendaftaran, gunakan data-data yang sesuai dengan kondisi sebenarnya. Untuk syarat-syarat data yang dibutuhkan adalah sebagai berikut ini;
Foto selfie diri dan KTP
Bukti tempat tinggal dengan menghubungkan akun e-commerce yang pernah dipakai bertransaksi
Bukti penghasilan dengan menghubungkan akun internet banking dari rekening gaji.

Setelah semua data lengkap dan di-submit. Proses pemberitahuan akan memakan waktu 1x24 jam. Kadang malah bisa kurang dari itu.

Notifikasi akan kamu dapatkan langsung di aplikasi Kredivo. Setelah disetujui, cek saja dashboard aplikasi Kredivo-mu. Di situ akan tertera berapa kredit limit yang bisa kamu gunakan untuk belanja online maupun mengajukan pinjaman tunai.

Soal pinjaman, ada dua fitur yang ditawarkan oleh Kredivo, yaitu pinjaman mini dan pinjaman jumbo. 

Untuk pinjaman mini cocok sekali jika kamu hanya membutuhkan pinjaman tunai antara Rp500 ribu sampai dengan Rp1 juta. Pembayarannya dilakukan dalam waktu 30 hari dengan bunga 2,95% saja.

Sedangkan untuk pinjaman jumbo, bisa diajukan mulai dari Rp1 juta dengan cicilan 3 dan 6 bulan. Bunganya sama saja kok, hanya 2,95% saja per bulan. 

Jadi, sesuaikan pinjaman dengan tenor yang sesuai dengan kemampuan finansial ya.  

Artikel Terkait

Previous
Next Post »