Manfaat Baby Spa Untuk Tumbuh Kembang Fisik dan Motorik Bayi

January 30, 2019

Kita tentu sudah tidak asing lagi mendengar kata spa. Sekarang sudah banyak tersedia klinik kecantikan atau salon yang menyediakan spa untuk perawatan tubuh. Tapi akhir-akhir ini bukan hanya spa untuk dewasa saja yang banyak tersedia. Sekarang juga banyak muncul fasilitas baby spa. Lantas sebenarnya apa manfaat baby spa itu? Selengkapnya baca di https://www.zwitsal.co.id/page/zwitsal-baby-spa

Manfaat baby spa banyak sekali, baby spa sendiri merupakan perawatan yang telah dirancang untuk memberi stimulasi positif untuk bayi yang berusia 3 minggu hingga 3 tahun. Biasanya baby spa terbagi dalam dua sesi. Sesi pertama buah hati berendam dalam kolam khusus dengan pelampung sekitar 10 hingga 15 menit. Bila sudah terbiasa, durasinya dapat bertambah menjadi 30 menit.

Apa Pengertian dan Manfaat Baby Spa?

Sebagian orang tua mungkin berpikir baby spa adalah sekedar trend yang saat ini berkembang. Namun pemikiran itu tidak benar. Sebab ada banyak sekali manfaat yang bisa anda dapatkan dari baby spa untuk si kecil. Baby spa bukan hanya berendam atau mandi. Tetapi mencakup berbagai macam perawatan tubuh lain seperti dilakukannya pijat bayi.

Sebenarnya baby spa sudah ada sejak zaman nenek moyang. Tetapi mereka lebih memakai cara tradisional. Perawatan pada bayi dilakukan dengan menggunakan air hangat lalu dipijat. Hal ini umumnya dilakukan oleh dukun bayi. Sementara itu, saat ini bayi berenang di kolam yang sudah disediakan di pusat baby spa atau klinik, kemudian mendapatkan pijat bayi.

 

1. Memberi Efek Relaksasi

Dengan dilakukannya baby spa si kecil dapat tumbuh dengan ceria. Dan hal ini akan membantu membentuk pribadi yang mandiri, supel dan ceria. Berendam dengan kolam air hangat bisa membuat bayi merasa rileks dan tenang. Selain itu, pijat bayi juga dapat mengurangi kegelisahan serta tangisan bayi, khususnya saat bayi tidur di malam hari.

2. Mendorong Perkembangan Motorik

Baby spa terbukti bisa mendorong perkembangan motorik serta koordinasi tubuh. Sebab di dalam air bayi bisa belajar untuk mengayunkan tubuhnya. Menendang-nendang dan menggerakan kedua tangan dengan lebih bebas. Hal ini juga akan meningkatkan kekuatan otot dan juga tulang bayi melalui gerakan di dalam air yang memiliki tekanan lebih besar. Efek positif melakukan gerakan di dalam air bisa membuat bayi lebih aktif. Sebab ia akan lebih berani dan percaya diri. Bayi tidak akan merasa takut untuk melakukan gerakan seperti berjalan dan merangkak. Hal ini pasti akan menjadi sebuah keuntungan bagi anda sebagai orang tua. Sebab lebih mudah mengajarkan dan melatih anak belajar berjalan.

3. Nafsu Makan Bayi Bertambah

Saat melakukan baby spa bayi bisa lebih aktif bergerak dan merasa sedikit kelelahan. Sehingga saat si kecil melakukan aktivitas tersebut secara rutin, pasti dia akan merasa lapar. Kondisi inilah yang mengakibatkan bayi mempunyai nafsu makan yang cukup tinggi. Selain itu, bayi juga bisa mendapatkan pencernaan yang lebih baik dan buang air besar menjadi lebih lancar.

4. Berat Badan Bayi Meningkat

Perawatan spa untuk bayi dimulai dengan melakukan pijatan tubuh bayi. Stimulasi dari pijatan tersebut erat kaitan nya dengan berat badan bayi. Kenaikan berat badan bayi yang rutin melakukan baby spa akan meningkat sekitar 47% setiap hari jika dibandingkan dengan bayi yang tidak melakukan stimulasi. Pastinya pijatan ini akan mempengaruhi pergerakan lambung dan sistem saraf vagal menjadi lebih baik dan efisien.

Dengan banyaknya manfaat baby spa yang akan diperoleh. Maka sekarang bunda semakin bersemangat bukan, untuk memberikan perawatan baby spa bagi bayi anda?

Artikel Terkait

Previous
Next Post »