Cara Membuat Es Teh Tarik Original dan Variasi Cincau Hitam

January 24, 2019

cara membuat teh tarik


Cara membuat es teh tarik tidaklah sulit sehingga Anda pun bisa membuatnya di rumah. Perlu diketahui bahwa teh merupakan minuman khas yang banyak dijual para pedagang muslim India di Malaysia dan Singapura. Minuman ini juga merambah ke Indonesia yang dipengaruhi kebudayaan Melayu khususnya Aceh, Kepulauan Riau dan sekitarnya. Tak heran kalau teh tarik dianggap sebagai salah satu minuman wajib kalau berkunjung ke restoran India. 


Bagi Anda yang ingin membuatnya sendiri di rumah, bisa menerapkan resep sesuai kesukaan. Mau rasa original atau variasi tergantung selera. Sebagai bahan referensi, Anda bisa mencoba mengeksekusi resep es teh tarik berikut ini.

Resep dan Cara Membuat Es Teh Tarik Original


1 bungkus teh tubruk atau teh celup

100 ml air panas

3 sendok makan susu kental manis

Es batu secukupnya

Langkah mudah membuat es teh tarik original yang nikmat:

      1.     Siapkan teh bisa tubruk atau celup yang sudah dituangkan ke dalam gelas.

    2.   Masukkan air panas ke dalam gelas teh. Jika menggunakan teh tubruk, lakukan penyaringan menggunakan kain kasa.

    3.   Tambahkan susu kental manis ke dalam teh dan aduk hingga tercampur merata. Masukkan es batu secukupnya atau bisa mengkocok menggunakan shaker.

      4.     Tuangkan kembali teh ke dalam gelas lain dengan cara agak ditarik hingga berbusa.

      5.     Teh tarik siap disajikan bersama camilan nikmat.


Teknik penarikan yang seperti dilempar dari gelas satu ke gelas lain bisa membuat kandungan teh semakin pekat dan aroma teh bisa keluar. Proses penarikan minuman unik ini pula yang mendinginkan suhu udara sehingga tercipta busa lembut di bagian atas karena kandungan gula dalam teh tarik. Kalau berada di restoran India, Anda bisa menikmati minuman khas ini dengan roti canai, roti telur dan roti tempayan khas negara kelahiran Mahatma Gandhi tersebut.


Kalau Anda ingin mencoba sensasi cara membuat es teh tarik dengan variasi rasa yang lebih istimewa, bisa mencoba membuat resep es teh tarik cincau hitam. Berikut resep dan cara pembuatan yang mudah dipraktikkan sendiri di dapur rumah Anda.

Bahan yang Dibutuhkan Es Teh Tarik Cincau Hitam


200 ml teh

1 liter susu segar

100 ml sirup

50 gram cincau hitam

Es batu secukupnya


Berikut cara membuat es teh tarik cincau hitam yang sederhana:

  1. Campurkan dulu susu segar dengan teh, sirup dan es batu secukupnya.
  2. Tuangkan terlebih dahulu campuran bahan tersebut ke dalam shaker atau pengkocok minuman sebelum dituangkan ke dalam dua gelas berbeda.
  3. Lakukan teknik pembuatan es teh tarik yang fenomenal yaitu menuangkan dari satu gelas ke gelas lain secara bergantian hingga keluar buih busa lembut.
  4. Tuangkan teh tarik yang telah berbusa lembut tersebut ke dalam gelas saji dan tambahkan bahan cincau hitam. Kalau ingin sensasi rasa yang lebih segar, Anda juga bisa menambahkan tambahan es batu sesuai selera.
  5. Teh tarik siap disajikan dengan camilan hangat sore hari. 


Cara membuat minuman khas para mamak India ini bisa dikreasikan sesuai dengan keinginan Anda. Tak hanya rasa teh tarik original saja, Anda juga bisa membuat aneka resep teh tarik yang lebih beragam seperti menambahkan bahan jelly atau nata de coco. Siapa tahu Anda bakal menjadi seorang pembuat teh tarik yang handal. 


Seperti yang diketahui bahwa keunikan teh tarik tak hanya pada citarasa minuman, namun kepiawaian penjual mempraktikkan cara membuat es teh tarik membuat minuman ini begitu digandrungi banyak orang.






Artikel Terkait

Previous
Next Post »