Ribuan Pengemudi Ojek Online Dukung Prabowo dan Kawal Proses Pemungutan Suara

December 15, 2018




Prabowo Sandi


Komunitas pengemudi ojek online yang tergabung dalam Forum Gabungan Roda 02 mendeklarasikan dukungan terhadap pasangan capres-cawapres nomor urut 02 Prabowo Subianto-Sandiaga Uno. Deklarasi dukungan dilakukan di kantor Sekretariat Badan Pemenangan Nasional (BPN) Prabowo Sandi, Jalan Kertanegara, Jakarta Selatan, Jumat (14/12/2018).

Selain mendeklarasikan dukungan, mereka juga berjanji akan membantu pemenangan pasangan Prabowo-Sandiaga dengan ikut mengawal proses pencoblosan di tempat pemungutan suara (TPS) agar tidak terjadi praktik kecurangan. "Kami akan mengawal kemenangan ini bahkan sampai pada saat pemilihan," ujar Juru bicara Forum Gabungan Roda 02 Zulfikar.

Zulfikar juga menginstruksikan ribuan anggota Forum untuk mengawal pengiriman kotak suara dari TPS menuju masing-masing kelurahan setelah proses pencoblosan. Forum Gabungan Roda 02 merupakan forum yang terdiri dari 205 komunitas dan wadah yang menaungi ribuan pengemudi ojek online. Mereka berasal dari daerah Jabodetabek, Banten, Jawa Barat, Jawa Tengah dan Sumatera. Zulfkiar menyebut Forum Gabungan Roda 02 memiliki sekitar 12.000 anggota. "Kami instruksikan kawan-kawan yang tergabung dalam Forum Gabungan ini itu akan mengawal kotak suara dari TPS dengan iring iringan sepeda motor. ini untuk menjaga atau menghindari terjadinya sebuah kecurangan," kata Zulfikar.

Alasan dukung Prabowo

Zulfikar mengungkapkan beberapa alasan yang melatarbelakangi dukungan tersebut. Menurut dia, komunitas pengemudi ojek online kecewa terhadap pemerintahan Presiden Joko Widodo yang hingga kini belum menerbitkan regulasi untuk melindungi keberadaan pengemudi ojek online. Padahal, sejak tahun 2016 sejumlah komunitas telah melakukan berbagai upaya agar pemerintah mengeluarkan regulasi tersebut. Zulfikar mengatakan, dengan tidak adanya regulasi, maka posisi pengemudi ojek online yang disebut sebagai mitra kerja menjadi tidak setara di hadapan aplikator atau perusahaan penyedia aplikasi.

Artinya, pengemudi tidak memiliki posisi tawar yang baik dalam penentuan kebijakan termasuk soal tarif. Sementara itu, lanjut Zulfikar, pasangan Prabowo Sandi  memiliki visi misi yang berpihak pada ekonomi kerakyatan. Kemudian, dalam kontrak politik Prabowo di hadapan ribuan buruh Konfederasi Serikat Pekerja Indonesia, terdapat satu poin yang dinilai berpihak terhadap pengemudi ojek online.

“Nah di sini kita lihat ada harapan baru, ada harapan yang bisa kita capai. Saat kontrak politik di bacakan Pak Prabowo di poin 8 yang bunyinya ‘akan memperjuangkan kesejahteraan ojek online dan regulasinya’. Jadi kita ingin menaruh harapan ini dengan tekad dan perjuangan serta dukungan kepada Prabowo-Sandiaga, agar apa yang disampaikan Pak Prabowo bukan suatu keniscayaan, tapi bisa terwujud,” katanya. Dukungan diberikan kepada Prabowo menuru Zulfikar karena upayanya bertemu dengan pemerintah Jokowi selalu buntu dan tidak membuahkan hasil. Baik itu saat berunjuk di istana maupun di DPR.

“Perjuangan sudah kita lakukan. Namun, pada saat 2016 kebijakan aplikator tidak berjuang kepada kita. Lalu lakukan audiensi ke DPR, demo dan terakhir ketemu Presiden di Istana. Tapi akhirnya tidak membuahkan hasil seperti yang kita inginkan, malah kebijkan yang kita dapat itu lebih buruk dari sebelumnya,” pungkasnya. Sementara itu Ketua DPP Gerindra yang juga merupakan Juru Kampanye Prabowo-Sandi, Kharisma Febriyansah mengapresiasi dukungan dari Forgab 02 kepada Prabowo Sandi. Dukungan tersebut menambah semangat Prabowo-Sandi dalam mengiktiarkan perubahan melalui Pemilu Presiden 2019.

"Kita sangat apresiasi, kita senang teman -teman ojek online memberikan dukungan. Semoga ikhtiar untuk melakukan perubahan bisa terwujud," katanya. Menurutnya perhatian Prabowo kepada para ojek online bukan semata karena menjelang pemilu 2019. Melainkan menurutnya ada kesamaan antara tujuan Prabowo mensejahterakan masyarakat dengan perjuangan para Online mengubah nasibnya.

"Pada dasarnya adalah kesamaan karena Prabowo fokus pada perbaikan distribusi pendapatan dan kesejahteraan. Sangat ingin memperbaiki kondisi ojek online," pungkasnya.

Artikel Terkait

Previous
Next Post »