Penyebab Balita Susah Makan Yang Harus Diketahui

December 30, 2018
Melodi Blog - Balita susah makan memang telah menjadi salah satu masalah tersendiri yang sering menjadikan orang tua merasa bingung. Sebenarnya memang ada saat-saat dimana bayi tak mau atau susah untuk makan. Jadi sebagai orang tua, kita wajib mengetahui berbagai macam penyebab balita menjadi susah makan. Sehingga kita bisa mencari tahu bagaimana cara untuk mengatasinya.

Waktu-waktu balita susah makan biasanya disebabkan oleh beberapa hal. Diantaranya adalah ketika bayi tumbuh gigi, nafsu makan bayi sedang menurun atau mungkin bayi memang sedang susah makan. Kita sebagai orang tua harus selalu sabar dalam menghadapinya. Jangan berhenti berusaha untuk memahami apa yang diinginkan bayi supaya ia tetap mau makan.


Kenali Beberapa Penyebab Balita Susah Makan

Berikut ini merupakan beberapa penyebab yang menjadikan balita menolak atau susah untuk makan. Diantaranya adalah:

Menolak makanan baru

Mungkin bayi Anda merasa asing dengan tekstur atau rasa dari jenis makanan baru yang anda perkenalkan. Dengan begitu dia akan menolak mengonsumsinya. Untuk mengatasi hal ini berikan makanan yang bentuk, tekstur dan juga rasanya tidak berbeda jauh dari yang diberikan sebelumnya sebelumnya. Bila Si Kecil suka bubur wortel, maka anda coba perkenalkan makanan lain seperti bubur ubi manis. Tampilan serta tekstur yang mirip dapat membantu bayi mengenal makanan baru.

Bayi Terkena Sariawan

Kondisi seperti ini dapat menjadikan bagian dalam mulut sehingga terasa perih. Sehingga bayi enggan untuk makan. Ciri-ciri anak yang sedang terkena sariawan adalah ada bulatan yang berwarna putih atau kuning pada bagian dalam pipi, bibir atau gusi. Kondisi seperti ini jarang terjadi pada bayi yang usianya masih 10 bulan ke bawah, namun tetap ada kemungkinan dialami oleh bayi Anda.

Sistem Pencernaan Terganggu

Gangguan yang terjadi pada sistem pencernaan anak memang tidak bisa dianggap sepele. Disamping menjadi penyebab anak akan sulit makan, penyerapan nutrisi dari makanan yang dikonsumsi juga akan terganggu.

Anak Sudah Punya Selera Pada Rasa Makanan

Saat seorang anak bisa membedakan berbagai macam rasa makanan, mereka tentu akan pilih-pilih makanan sesuai rasa yang disukai. Di usia ini, anak sudah tak dapat diberikan makanan tawar seperti bubur bayi. Orang tua juga dituntut lebih kreatif untuk menyajikan makanan. Makanannya bukan cuma enak, tapi juga kandungan nutrisi di dalamnya harus cukup untuk mendukung pertumbuhan anak.

Anak Merasa Tidak Benar-benar Lapar

Jenis dan juga pola makan yang salah, jika menjadi penyebab anak cepat bosan dan susah untuk makan. Memang terlalu banyak mengkonsumsi makanan seperti manisan, snack, susu, dan juga coklat dan berbagai makanan lembut yang lainnya. Ini tentu akan menjadikan anak tidak pernah benar-benar lapar. Saat anak diberikan makanan yang bertekstur padat dan juga makanan utama, mereka tentu akan menolak.

Anak Merasa Sakit

Saat gigi anak sudah mulai tumbuh, maka gejala demam dan juga penyakit lainnya. Ini juga menjadi penyebab utama anak menjadi susah untuk makan. Segera saja periksakan ke dokter bila anak merasa sakit. Dengan begitu selera makan anak dapat segera kembali normal.

Usia balita adalah masa dimana anak begitu aktif dalam bermain. Keinginan ingin selalu bermain kadang membuat anak menjadi susah makan. Sedangkan mereka perlu asupan makanan yang cukup bagi energi pertumbuhan mereka setiap harinya. Saat anak menolak untuk makan, kita harus mengetahui apa penyebab balita susah makan. Dengan tahu penyebabnya, maka kita bisa mencari solusinya.

Artikel Terkait

Previous
Next Post »