Mengenali Tahap Tumbuh Kembang Bayi Usia 12-24 Bulan

December 30, 2018
Melodi Blog - Setiap orang tua pastinya selalu mengerti dan mengamati perkembangan anak di dalam tiap bulan usianya. Tahap tumbuh kembang bayi di setiap bulannya pastinya akan berubah,  baik itu untuk motorik ataupun yang verbal. Ketika usia bayi sudah muali menginjak satu tahun, maka tingkah laku dari tersebut memang sedang tampak menggemaskan. Kemampuan motoriknya dengan bertahap akan terus mengalami perkembangan. Dengan demikian, bayi tersebut mulai dapat berjalan, bermain, serta mampu mengeksplorasi benda-benda yang terdapat sekitarnya. Perkembangan motorik anak di usia 12-24 bulan ini memang cukup menarik untuk diikuti. Dalam hal ini sebaiknya orang tua bisa tetap melatih anak asupaya kemampuan motoriknya bisa optimal perkembangannya.



Pada saat usianya menginjak 12-14 bulan,  seorang anak mungkin bisa berjalan secara bertahap. Bahkan sebagian bayi juga dapat berjalan ketika umurnya genap satu tahun. Pada saat usia tersebut, tulang anak dirasa kuat dalam  menopang tubuhnya. Sehingga, anak dapat berdiri tanpa bantuan. Namun, kemampuan berjalan tiap anak dalam tumbuh kembangnya terkadang juga berbeda-beda. Maka dari itu, jika anak anda masih belum lancar berjalan pada saat usiaanya memasuki 14 bulan, anda tidak perlu khawatir. Jangan berhenti untuk melatihnya berjalan dengan cara memegang tangannya ketika berjalan, selanjutnya anda bisa melepaskan pelan-pelan genggaman anda hingga anak berjalan sendiri.

Tumbuh Kembang Bayi Usia 12-24 Bulan

Saat bayi berusia 12 sampai dengan 24 bulan, maka kemampuan motorik halus anak sudah semakin baik.  Anak sudah bisa dapat memegang cangkir, makan dengan tangannya sendiri atau menggunakan peralatan makan yang lainnya. Tak hanya itu saja, bayi yang berusia satu tahun juga mempunyai insting bermain serta mempelajari sesuatu yang terdapat di sekelilingnya. Didukung dengan kemampuan motorik saat itu, maka anak dalam usia tersebut bisa melempar bola atau sudah mampu menyusun balok.

Nah, di usia inilah terkadang anak tersebut sudah terlihat mulai membuat kenakalan-kenakalan. Antara lain seperti melempar barang, memberantaki barang dan juga mulai membuat ulah yang lainnya. Di usia satu tahun ini, seorang anak akan mengalami perkembangan watak yang dinilai cukup impulsif.

Anak Usia 15-18 Bulan

Tahap tumbuh kembang anak usia 15-18 bulan pada umumnya sudah mampu berjalan dengan baik dan berlari kecil walaupun belum dapat stabil. Dalam usia ini, seorang anak sudah bisa menaiki tangga dengan menggunakan bantuan, dan juga bisa mwngambil suatu barang yang terjatuh misalnya. Dalam masa ini, seorang ibu bisa mencoba meningkatkan kekuatan kaki  sang anak dengan cara sering-sering mengajaknya jalan naik-turun tangga tapi tetap dipegangi.  Ajak anak anda bermain main dengan bola, agar bisa melempar-lempar atau memungut kembali bola yang terjatuh.

Anak Usia 19-21 Bulan

Di usianya yang ke 19-21 bulan, seorang anak pastinya memiliki hobi baru, misalnya saja seperti memanjat. Saat ini anak sudah memiliki kemampuan yaitu bisa naik turun dari kursi tanpa bantuan. Sebagai orang tua, anda sudah bisa membelikan mainan dengan didorong. Sebab, saat usia ini seorang anak sudah mampu mendorong-dorong dengan baik.

Anak Usia 22-24 Bulan

Sesudah usia anak memasuki dua tahun, maka dia sudah mampu berlari dengan cukup sempurna. Anak yang sudah dalam usia ini juga memiliki kemampuan seperti halnya melompat, melempar serta menangkap bola. Jadi, sebagai orang tua anda dapat mengajak anak anda untuk bermain kejar-kejaran. Atau anda bisa mengajaknya untuk berlompat-lompat di atas kasur yang tujuannya untuk menstimulasi kemampuannya tersebut.  Tahap tumbuh kembang anak usia 12-24 bulan ini bisa berjalan dengan baik jika didukung dengan pelatihan dan kebutuhan nutrisinya.



Artikel Terkait

Previous
Next Post »