Menikmati Keindahan Kampung Ramah Lingkungan Merbabu Asih

November 30, 2018


Kampung Berseri Astra (KBA) merupakan sebuah program yang dihadirkan oleh PT Astra Internasional (Tbk.) untuk mengembangkan potensi kampung-kampung di Indonesia. Program ini dilakukan untuk meningkatkan kesejahteraan warga dan meningkatkan kualitas hidup warga di kampung mereka.  Astra memberikan pendampingan dan pembekalan kepada kampung yang tergabung di program ini.

Program KBA bukanlah sebuah program yang main-main. Program ini memiliki tujuan yang jelas untuk mengembangkan potensi setiap kampung yang ada di Indonesia. Ada 5 jenis kategori kampung yang tergabung dalam program KBA yaitu kampung budaya, kampung hijau, kampung produktif, kampung cyber, dan kampung wisata. Setiap kampung berkembang sesuai dengan potensi mereka masing-masing.

Astra menetapkan adanya 4 pilar CSR (corporate social responsibility) sebagai pedoman penilaian anggota KBA. Setiap kampung yang menjadi anggota KBA harus berkembang sesuai pilar lingkungan, pendidikan, kewirausahaan, dan kesehatan. Astra akan memberikan pembekalan pada 4 pilar ini untuk meningkatkan kesejahteraan warga kampung.

Kampung Merbabu Asih

Sejak awal dimulainya program Kampung Berseri Astra, Astra telah memberikan yang terbaik dan merangkul kampung-kampung di Indonesia yang memiliki potensi. Sampai sekarang, Astra sudah berhasil merangkul 77 kampung dalam program KBA ini. Salah satu kampung yang tergabung dalam program KBA adalah kampung Merbabu Asih, Cirebon, Jawa Barat.

Kampung Merbabu Asih terdaftar sebagai anggota KBA pada tahun 2016 lalu dan sampai saat ini telah mengalami kemajuan pesat dalam berbagai aspek. Isu lingkungan menjadi fokus utama yang dikerjakan oleh warga kampung Merbabu Asih. Warga kampung Merbabu Asih berusaha untuk mengelola lingkungan dan menciptakan lingkungan yang lebih bersih, nyaman, sekaligus sehat.

Pengelolaan Sampah Kampung Merbabu Asih


Pada awalnya, kampung Merbabu Asih memiliki lingkungan yang tidak kondusif. Kampung ini dekat dengan lokasi pembuangan sampah. Otomatis, kondisi lingkungan tidak bersih dan seringkali tercium bau sampah yang membuat warga menjadi tidak nyaman. Suasana yang kumuh, kotor dan bau ini tentu terasa tidak nyaman dan membuat warga berinisiatif untuk melakukan sesuatu.

Warga bekerja sama untuk menciptakan lingkungan kampung yang bersih dan sehat. Banyak program yang dilakukan untuk mengelola lingkungan dan mengubah lingkungan yang kumuh menjadi lebih sehat. Setelah bertahun-tahun mengelola lingkungan dengan berbagai cara, kampung Merbabu Asih kemudian memutuskan untuk bergabung bersama program KBA.

Semakin Maju Bersama Astra

Setelah terdaftar sebagai bagian dari program KBA, pengelolaan lingkungan di kampung Merbabu Asih semakin baik dari waktu ke waktu. Warga mendapatkan pembinaan dan pendampingan pengelolaan sampah yang tepat. Program pengelolaan lingkungan terus dilakukan dan warga semakin sadar untuk terus bekerja sama membangun lingkungan yang bersih dan sehat.

Pengelolaan sampah di kampung Merbabu Asih kini semakin teratur. Kini telah disediakan tong sampah daur ulang yang khusus digunakan untuk menampung sampah yang bisa didaur ulang. Sampah-sampah ini kemudian akan diolah sebagaimana mestinya sehingga menghasilkan produk lain yang bisa lebih bermanfaat. Inilah cara warga kampung Asih bersama Astra mewujudkan lingkungan bebas sampah.

Dari kegiatan daur ulang, warga kampung Merbabu Asih bisa menghasilkan beragam jenis produk yang bermanfaat. Prdoduk-produk kerajinan hasil daur ulang ini kemudian dijual dan bisa meningkatkan taraf hidup warga kampung Merbabu Asih. Dari hasil pengolahan sampah, kini warga bisa lebih mandiri secara finansial.

Astra sampai saat ini terus berusaha merangkul kampung-kampung berpotensi di Indonesia agar semakin maju. Diharapkan ke depannya ada semakin banyak kampung yang sadar untuk mengelola lingkungan menjadi lebih baik dan bergabung bersama program Kampung Berseri Astra.

Artikel Terkait

Previous
Next Post »