Komponen Aki Motor Berkualitas dan Fungsinya

November 11, 2018




Pada dasarnya memilih aki motor berkualitas itu penting sekali bagi pengguna sepeda motor. Karena aki motor itu memegang peranan yang penting sekali terhadap kendaraan bermotor. Aki yang rusak dan soak itu bisa mempengaruhi bagian komponen listrik yang lainnya. Perawatan aki yang basah itu harus dilakukan dengan cara dijalankan secara rutin dan berkala agar kondisi motor dalam keadaan yang prima. Karena salah satu penyebab dari aki motor yang bermasalah dan tekor itu adalah karena kurangnya merawatan.

Aki motor itu berguna sekali untuk starter motor saat akan dinyalakan. Disamping itu, aki itu juga berguna sekali untuk menyimpan sebuah listrik. Fungsi lainnya dari aki motor adalah untuk stabilisator. Maka dari itulah, perannya menjadi sangat penting sekali. Di bawah ini adalah beberapa penjelasan dari bagian komponen aki motor dan juga fungsinya, antara lain:

Kotak Aki

Kotak aki baterai itu pada dasarnya berguna untuk melindungi dan menampung semua komponen aki yang ada di dalamnya. Misalnya saja, seperti pemisah sel, sel, plat baterai, penghubung sel, dan lain-lain. disamping itu, pada bagian bawah kotak aki itu berguna sekali untuk ruang endapan. Agar dapat memudahkan permiksaan yang tinggi atau jumlah elektrolit pada aki motor, sebaiknya Anda pahami dengan baik bagaimana cara mengecek bagian kotak aki ini dengan baik.

Tutup Aki

Pada dasarnya, tutup aki itu berguna untuk menutup bagian atas aki, lubang ventilasi, dan juga tempat dudukan pada terminal baterai. Hal ini karena tutup aki itu berguna sekali untuk melindungi bagian komponen yang ada didalamnya dari kotaknya secara langsung menggunakan ciptaran air dan juga dari matahari.

Plat Aki

Pada dasarnya, plat aki itu jumlahnya ada 2 plat. Yaitu, plat negatif dan juga plat positif. Dalam 2 plat itu punya grid yang berasal dari kombinasi antara animoni dan juga paduan timah. Untuk plat yang positif itu pada dasarnya berwarna coklat dan berasal dari bahan antimoni yang telah dilapisi oleh lapisan oksida timah, yang sering kali disebut juga dengan Pb02, lead dioxide. Sementara untuk plat yang negatif itu pada dasarnya berwarna abu-abu dan berasal dari sponge lead atau Pb. Ukuran plat dan jumlahnya sangat mempengaruhi dari kemampuan aki untuk mengalirkan bagian arus listrik.

Separator atau Penyekat

Pada dasarnya, separator itu ada di bagian plat negatif dan juga plat positif. Separator yang dirancang dengan cara pori-pori ini berguna agar larutan elektrolitnya bisa melewatinya. Disamping itu, bagian penyekat atau separatornya berguna untuk mencegah hubungan singkat di antara platny.

Elemen atau Sel

Sel atau elemen adalah salah satu unit dari plat positif dan juga plat negatif yang telah dibatasi oleh separator pada kedua platnya. Besaran dari tegangan aki yang telah dihasilkan itu ditentukan dari jumlah jumlah sel yang disambungkan secara seri satu dengan yang lain. untuk 1 sel yang ada dalam aki ini mengandung tegangan yang sebesar 2,1 V. Maka dari itulah, bila di dalam aki ada 6 sel, itu artinya jumlah tegangannya adalah sebanyak 12,6 V.

Cell Connector

Cell connector adalah sebuah penghubung plat aki berbentuk plat aki yang berbentuk plat logam. Jumlah dari plat penghubung itu ada 2 yang ada dalam setap sel. Yaitu, ad aplat negatif dan juga plat positif. Untuk setiap sel yang disambungkan dengan cara seri dan juga penghubung sel dibagian plat negatif dan plat positif.

Terminal

Terminal dibagian aki motor itu pada dasarnya ada 2 macam terminal. Yaitu, terminal positif dan juga terminal negatif. Untuk 2 buah terminal itu terletak di bagian atas aki. Anda dapat menemukannya dengan cukup cepat bila melihat aki tersebut secara langsung.

Tutup Ventilasi

Tutup ventilasi yang berada di dalam aki basah ini berguna sekali untuk menutup bagian lubang aki. Sehingga, Anda bisa menggunakannya untuk menambah air aki dan juga mengecek air akinya yang ada di dalam aki. Lubang ventilasi yang ada pada tutup ini berguna sekali untuk sistem pembuangan dari gas hidrogen. Dengan melihat bagian aki, hal ini sama halnya Anda merawat aki motor supaya tidak bermasalah.

Larutan Elektrolit

Pad a dasarnya larutan elektrolit itu merupakan sebuah larutan yang berasal dari campuran asam sulfat dan juga air. Untuk larutan elektrolit yang telah terisi penuh di dalam aki itu mengandung asam sulfat sebanyak 36%, dan mengandung air sebanyak 64%. Kedua campuran itu bisa bereaksi dengan bahan aktif yang aa di dalam plat aki demi menghasilkan listrik yang baik. Jadi, itu tadi adalah beberapa bagian komponen penting dari sebuah kendaraan bermotor, khususnya dibagian aki motor.

Artikel Terkait

Previous
Next Post »