Ketahui Pentingnya Sistem Saraf Pusat dan Suplemen untuk Saraf

November 23, 2018


Sistem saraf pusat atau yang biasa disingkat dengan SSP merupakan sistem saraf yang meliputi otak dan sumsum tulang belakang. Kedua organ penting ini merupakan bagian tubuh yang sangat rapuh atau lunak. Seperti yang kita tahu fungsi kedua oragn ini juga sangat penting bagi seluruh organ tubuh. Makanya kedua organ ini butuh perlindungan yang lebih tinggi agar tidak mudah rusak. Otak sendiri memiliki berbagai lapisan pelindung mulai dari tengkorak, ruas-ruas tulang belakang, serta 3 lapisan selaput meninges. Apakah anda pernah mendengar adanya radang meningitis? di selaput meninges inilah radang meningitis terjadi jika lapisan pelindung otak ini mengalami infeksi. 

Untuk lebih mengenal sistem saraf pusat, mari kita kenali ketiga jenis lapisan meninges berikut ini:

     1.     Piameter

Kita akan mulai dari lapisan yang paling dalam terlebih dahulu yaitu Piameter. Karena letaknya di bagian paling dalam kepala yang dekat dengan otak, makanya bentuk dari lapisan piameter sesuai dengan permukaan otak yang memiliki lipatan-lipatan. 

      2.     Arachnoidea mater

Lapisan selanjutnya yang berada di atasan lapisan piameter adalah Arachnoidea mater. Bentuk dari  lapisan kedua meninges ini seperti sarang laba-laba. Fungsi selaput yang seperti sarang laba-laba ini adalah untuk melindungi otak dari adanya bahaya kerusakan mekanik. Selain selaput ini, terdapat cairan di dalam lapisan meninges yang satu ini. nama cairan tersebut adalah liquor cerebrospinalis yang mengisi sela-sela pada bagian membran araknoid. 

      3.     Durameter

Di lapisan meninges yang paling luar ini, ada dua lapisan yaitu lapisan yang berfungsi sebagai durameter diaman lapisan ini mudah dilepaskan dari tulang belakang. Sedangkan lapisan yang satu lagi menempel atau menyatu dengan tengkorak. Ada rongga pemisah yang memisahkan antara durameter dengan tulang kepala yang kita sebut dengan rongga epidural.

Otak sendiri dibagi menjadi beberapa bagian yaitu otak besar, otak tengah, otak kecil, sumsum sambung, dan yang terakhir jembatan varol. Sama halnya dengan otak yang terdiri dari berbagai bagian, sistem sarat juga terdiri dari beberapa jaringan saraf. Jaringan saraf ini terbnetuk dari ebberapa sel saraf atau neuron. Fungsi dari jaringan saraf ini adalah untuk mengirim serta menerima rangsangan yang berasal dari luar tubuh. Panca indera merupakan organ yang menerima rangsangan yang lalu melalui beberapa proses melewati berbagia jaringan saraf. Nah, seperti halnya tulang kita yang tidak boleh kekurangan kalsium agar tidak keropos, jaringan saraf juga membutuhkan adanya vitamin agar tidak mengalami kerusakan.

Bagaimana cara merawat sistem saraf pusat agar tetap berfungsi dengan baik dan tidak rusak? Salah satu caranya adalah dengan mengkonsumsi Neurobion. Neurobion merupakan suplemen vitamin neurotropik yang mengandung berbabgi macam vitamin B. Pengetahuan mengenai gangguan saraf memang masih sangat minim. Banyak masyarakat yang masih belum menyadari betap pentinganya menjaga kesehatan sistem saraf serta resiko yang muncul jika sistem saraf mengalami gangguan. Padahal kesehatan saraf sangat berpengaruh terhadap kerja otak maupun memori. Makanya mengkonsumsi suplemen vitamin neurotropik ini sangatlah penting.

Berikut ada beberapa penyebab kerusakan saraf yang perlu anda ketahui untuk melihat apakah anda butuh mengkonsumsi suplemen neurobion segera. Penyebab yang pertama adalah diabetes. Penyakit ini memang berbahaya karena dapat menimbulkan penyakit lainnya. Selain itu usia lanjut juga bisa jadi penyebab kerusakan saraf yang terjadi. Makanya orang yang lanjut usia cenderung memiliki masalah dengan memori. Gaya hidup yang tidak baik seperti merokok dan mengkonsumsi minuman beralkohol juga bisa memicu terjadinya kerusakan saraf. Untuk menghindari gejala-gejala ringan dari kerusakan saraf, sebaiknya anda mengkonsumsi suplemen neurobion sesuai dengan resep dokter. 

Ada dua jenis Neurobion yang bisa anda pilih yaitu Neurobion putih dan Neurobion forte. Keduanya berbentuk pil dengan warna putih dan merah muda.

1. Neurobion putih
Neurobion putih memiliki khasiat untuk menjaga metabolisme tubuh dan juga kerja sistem saraf pusat. 

2. Neurobion Forte
Sedangkan Neurobion forte memiliki khasiat untuk mencegah sekaligus mengatasi gangguan atau kerusakan sistem saraf.

Untuk dosis pemakaiannya, orang dewasa dapat mengkonsumsi satu tablet neurobion per hari. Tapi dosisnya bisa saja berubah jika anda mendapat resep dari dokter. Untuk efek sampingnya, Neurobion ini memiliki efek samping sakit perut dan muntah. Untuk itu, jika anda mengalami kedua gangguan tersebut, maka itu wajar. Namun, bila gangguan yang terjadi bertambah parah, maka sebaiknya anda hubungi dokter. Untuk pembelian, obat neurobion ini dapat anda dapatkan di berbagai toko obat atau Apotek terdekat. Seperti halnya obat lainnya yang tidak boleh dikonsumsi bersamaan dengan obat tertentu, sebaiknya anda tidak mengkonsumsi neurobion ini bersamaan dengan obat lain. Obat lain tersebut mislanya adalah Amaryl, Aspirin, Atorvastatin, Bisoprolos, dan masih banyak lagi.

Artikel Terkait

Previous
Next Post »