Tips Menciptakan Situs eCommerce Yang User Friendly

October 30, 2018


Situs ecommerce bisa menjadi sebuah website yang berguna bagi banyak penjual yang ingin menitipkan lapak mereka di toko anda. Anda bisa membuatnya dengan mudah di IDWEBHOSTCOM. Tentu saja sudah banyak pemain lama dalam bidang situs ecommerce ini. Mereka juga memiliki nama yang sudah dikenal di kancah global dan lokal. Anda mungkin sudah banyak melihat nama terkenal seperti Amazon, eBay, Alibaba dan lain sebagainya. Tapi pernahkan terbesit di pikiran anda untuk menciptakan sebuah situs ecommerce yang sama terkenalnya dengan mereka? Hal ini tentunya bukan mustahil untuk diterapkan. Namun, jika untuk bersaing dengan pemain yang sudah besar tentu saja akan memberikan tantangan tersendiri. Jalan terbaik adalah dengan membuat sebuah website marketplace yang user friendly atau ramah pengguna. Berikut adalah beberapa langkah yang bisa anda terapkan untuk melakukannya.


Tips #1: Berikan Navigasi dan Menu Yang Mudah


Situs ecommerce merupakan sebuah ladang bagi anda untuk bisa membangun sebuah website terbaik bagi para pembeli dan penjual. Oleh karena itu, anda wajib membangun navigasi atau menu yang mudah digunakan. Dengan adanya navigasi dan menu yang mudah dimengerti tersebut, kenyamanan penjual dan pembeli pun akan bisa terasa lebih baik. Sejumlah menu yang penting antara lain daftar transaksi, cart atau keranjang belanja, katalog produk, dan lain sebagainya. Dengan adanya sejumlah navigasi yang tepat tersebut sudah pasti banyak manfaat tepat yang akan bisa anda capai didalamnya. Hal ini pastinya akan lebih memudahkan anda dalam membangun sebuah situs yang benar-benar tepat dan terbaik. Navigasi juga adalah sebuah alat penting untuk meningkatkan user experience yang positif.




Tips #2: Berikan Dashboard Yang Mudah Untuk Mengupload Barang Jualan


Situs ecommerce juga wajib menyediakan dashboard yang mudah bagi masing-masing pemilik akun membuka lapak jualannya. Hal ini tentunya sesuatu yang penting. Pasalnya, adanya dashboard yang mudah digunakan tersebut juga akan mampu membantu mereka untuk mengoptimalkan proses penjualan. Dari sini mereka bisa lebih mudah mengupload gambar, menuliskan deskripsi dan lain sebagainya. Jika user experience mereka bagus, maka pengunjung pun akan semakin banyak berdatangan. Popularitas situs ecommerce yang anda buat pun bisa menyebar dari mulut ke mulut karena banyak yang suka dengan tampilan situs anda. Disinilah awal mula kebangkitan website anda.
Tips #3: Siapkan Server dan Hosting Spesifikasi Tinggi

Situs ecommerce harus dibangun dengan server dan spesifikasi hosting yang tinggi. Hal ini penting karena realitanya anda akan memiliki  banyak pengunjung yang menggunakan space atau data yang tersedia di situs marketplace yang anda bangun. Jika spesifikasinya biasa-biasa saja atau rendah, bisa dipastikan website anda tersebut akan langsung down dalam sekejap. Hal ini bisa terjadi pada saat situs ramai traffic. Ini juga akan memberikan kesan yang buruk karena website anda tidak memiliki spesifikasi yang bagus. Hal ini juga akan berpengaruh pada pengalaman pengguna yang memakai layanan di website anda tersebut. Jadi pastikan anda menggunakan jasa hosting domain yang tidak hanya terpercaya. Tapi wajib memberikan spesifikasi yang tinggi untuk web marketplace yang anda bangun.




Tips #4: Promosikan Situs Ecommerce Anda Dengan Berbagai Cara


Situs ecommerce yang baru harus anda promosikan pula supaya lebih banyak pengunjung yang datang dan memasang lapak mereka di website anda. Tapi untuk bisa membuat orang tau keberadaan situs anda, butuh promosi yang gencar dan tepat sasaran. Anda bisa menggunakan social media sebagai sarana yang signifikan untuk mempromosikan web yang anda bangun tersebut. Sudah pasti hal ini nantinya akan mampu memberikan dampak terbaik yang anda butuhkan. Menjadi sebuah web marketplace yang populer pun juga bukan lagi mimpi. Pasalnya, anda akan bisa melakukannya dengan mudah. Jika budget anda juga lebih banyak, tak ada salahnya mempopulerkannya dengan memasang iklan lewat TV, radio, koran dan lain sebagainya.


Tips #5: Buat Situs Yang Responsif dan Cepat


Situs ecommerce yang bagus adalah yang responsif dan cepat. Jadi jangan sampai ada pengguna yang mengeluhkan situs anda loading-nya lama atau lambat. Hal ini juga akan berpengaruh pada berkurangnya orang yang berkunjung ke situs anda. Ingat, kesan awal itu sangat penting! Karena dari situlah pondasi kepercayaan akan dibangun. Jika mereka di awal sudah puas dengan situs anda, mereka akan betah dan mau berkunjung lagi di lain kesempatan. Hal yang sama berlaku sebaliknya. Oleh karena itu, anda wajib untuk membuat website yang benar-benar berkualitas dan responsif. Cara ini bisa anda terapkan dengan memasang tema yang tidak memperlama halaman situs muncul. Jangan pula memberikan banyak widget. Sangat disarankan memakai tema warna putih karena lebih responsif.
Tips #6: Ciptakan Nama dan Logo Situs Yang Unik

Situs ecommerce yang anda ciptakan juga sebaiknya memiliki tampilan yang bagus da unik. Buat logo yang bagus dan mencerminkan situs yang anda buat. Dari sini logo yang anda buat juga penting karena ini akan bisa menjadi aspek terbaik dalam menciptakan web yang benar-benar istimewa. Selain itu, pemilihan nama domain untuk situs anda tersebut juga sebaiknya anda buat dengan baik dan tepat. Dengan pembuatan nama domain yang mudah dikenal dan dieja, hal ini akan meningkatkan pengalaman pengguna dari visitor yang masuk ke situs anda tersebut. Hal ini pastinya akan memberikan banyak keuntungan yang jelas akan bisa anda dapatkan dan maksimalkan didalamnya untuk fungsi yang jangka panjang. Sudah pasti banyak keuntungan yang akan bisa anda peroleh nantinya.





Kesimpulan


Pembuatan situs ecommerce terbaik yang tepat dan bagus akan memaksimalkan semua keuntungan yang bisa anda dapatkan. Di sisi lain, hal ini juga akan membantu anda agar bisa menciptakan sebuah situs menguntungkan yang punya banyak kegunaan maksimal didalamnya. Anda akan membantu menjembatai penjual dan pembeli melalui web marketplace yang anda kelola. Seperti yang disebutkan diatas, semua itu butuh usaha maksimal dan juga penggunaan jasa hosting domain yang professional. Dengan menggunakan layanan yang berkualitas maka membangun sebuah web marketplace yang bagus bukan lagi mimpi.

Di sisi lain anda juga perlu banyak bersabar dan belajar jika menjadi startup di bidang web marketplace ini. Pasalnya, anda akan mendapatkan banyak feedback dan juga komentar dari para pengguna. Hal ini penting untuk bisa membuat website marketplace yang anda miliki tersebut mampu berfungsi dengan lebih optimal dan bagus. Adanya website atau situs tersebut tersebut pastinya akan memudahkan anda dalam mendapatkan semuanya dengan mudah. Tapi anda perlu mengoptimalkan pula pemberian fasilitas dan sejumlah konten yang ada didalamnya agar bisa memberikan andil besar dalam pembangunan situs anda tersebut. Buatlah website marketplace yang benar-benar bisa memberikan kenyamanan bagi pengunjung yang ada didalamnya. Hasilnya pun juga akan lebih optimal jika anda memenuhi semua syarat tersebut.

Artikel Terkait

Previous
Next Post »