Tips penting kelola keuangan pasangan yang ingin menikah

July 15, 2018
Pesta pernikahan tentu saja menjadi sebuah moment paling sakral dalam kehidupan anda. Setidaknya anda mempersiapkan segala hal dengan matang supaya acaranya nanti bisa berjalan dengan lancar. Hanya saja yang menjadi suatu kendala ketika ingin melangsungkan acara pernikahan tentu saja masalah biaya pernikahan. Pasalnya anda harus bisa lebih berhemat dengan biaya pernikahan yang harus anda keluarkan. Meskipun sudah merasa saling coock dan juga siap untuk melangsungkan acara pernikahan, faktor biaya sering membuat para pasangan mengurungkan niatnya untuk menikah.

Memang banyak keperluan yang perlu dipertimbangkan dengan matang. Mulai dari biaya catering, gedung pernikahan. Dekorasi bahkan juga pembuatan undagannya membutuhkan biaya yang cukup besar. Biaya pernikahan yang tinggi pun memaksa para pasangan untuk mendapatkan bantuan dari orang tuanya. Sebetulnya berbagai macam kendala ini bisa anda hindari dengan berbagai macam tips berikut ini:


Memulai perencanaan anggaran pernikahan

Setidaknya saat anda sudah pacaran, anda sudah harus memulai pembicaraan mengenai pernikahan. Hal ini juga bertujuan untuk meringankan beban anda sekaligus pasangan dengan tanggung jawab kedepannya. Tak harus merencanakan pernikahan secara detail namun bisa memulai obrolan yang bersifat santai. Sebagai permulaan anda bisa mengajak pasangan membayangkan bagaimana nantinya pesta pernikahan yang anda inginkan.

Menghitung total biaya pernikahan

Ketika anda sudah tahu pesta pernikahan yang sedang anda inginkan. Tentunya anda juga harus memperhitungkan total biaya pernikahan yang anda butuhkan. Anda pun bisa berkonsultasi dengan wedding organizer untuk mengetahui kisaran biaya pernikahan yang perlu anda persiapkan. Semisal saja untuk menggelar sebuah acara pernikahan dengan adat Jawa, anda butuh dana sebesar Rp 70 juta rupiah. 

Tak perlu ragu membuat rekening bersama

Apabila anda dan juga pasangan sudah menggitung total biaya pernikahan yang harus anda persiapkan. Tentunya kini anda bisa membuat rekening bersama guna menyimpan uang sebagai target untuk memenuhi segala kebutuhan anda saat melangsungkan acara resepsi pernikahan. Setidaknya anda bersama pasangan bisa menyisihkan uang sebesar 30 % dari gaji anda pada rekening yang telah anda buat. Dengan begitu anda bersama pasangan pun sepakat bahwa uang tersebut nantinya bakalan dipergunakan untuk memenuhi segala kebutuhan untuk menikah.

Mulai berhemat sejak saat ini

Tanpa kita sadari sebelumnya bahwa kencan ternyata juga bisa menghabiskan uang kalian. Bayangkan saja ketika anda menonton film bioskop berdua belum lagi jika anda makan di sebuah restaurant yang mewah tentu saja juga menghabiska budget. Jika anda melakukan kegiatan ini setiap malam minggu tentunya sudah cukup banyak dana yang sudah anda keluarkan.

Jadi tak ada salahnya kini anda lebih berhemat lagi dengan dana anda. Dari penghematan dana anda ini nantinya bisa dipergunakan untuk mencetak undangan. Foto prewedding atau bahkan keperluan yang lainnya. 

Itulah tadi beragam tips penting supaya anda dan juga pasangan bisa mengelola keuangan hingga akhirnya melangsungkan resepsi pernikahan. Moment ini memang sekali dalam seumur hidup sehingga anda perlu mempertimbangkan segala hal yang ada. Setidaknya anda bisa lebih berhemat lagi dengan budget yang anda miliki. Hal ini juga demi kelancaran acara pernikahan yang akan anda gelar nantinya. Biaya pernikahan saat ini cukup tinggi sekali sehingga anda membutuhkan persiapan yang begitu matang. Jadi wajar saja jika saat ini banyak dari mereka yang meminta bantuan pinjaman sejumlah dana dari orang tuanya.

Artikel Terkait

Previous
Next Post »