Merawat Laptop Asus dengan Tepat agar Tahan Lama

July 05, 2018
Melodi Blog - Laptop Asus menjadi pilihan laptop yang banyak digunakan oleh masyarakat pada saat ini. Seperti kita ketahui bahwa saat ini adalah jaman dimana teknologi memiliki peran besar dalam kehidupan sehari-hari manusia. Laptop menjadi salah satu hasil teknologi yang sampai saat ini banyak digunakan karena memang memiliki beragam fungsi yang bermanfaat.

Laptop saat ini digunakan untuk berbagai kepentingan, mulai dari belajar, mencari hiburan, hingga bekerja. Itulah mengapa bisa dibilang hampir semua orang saat ini membutuhkan laptop. Salah satu merek laptop yang populer di Indonesia adalah Asus.




Pada artikel ini, kita akan membahas mengenai cara penggunaan laptop yang baik dan benar. Penggunaan yang tepat tentu akan sangat membantu menjaga laptop tetap awet digunakan bahkan untuk jangka waktu yang lama.

Tips Merawat Laptop

Semua alat elektronik pada dasarnya memiliki potensi untuk mengalami gangguan fungsi begitu juga laptop. Meskipun laptop Asus dikenal memiliki kualitas yang bagus dan spesifikasi yang memuaskan sesuai serinya, namun laptop ini juga tak bisa terhindar dari gangguan fungsi atau kerusakan.
Sebagai pengguna, kamu tentu ingin laptop yang kamu gunakan tetap dalam kondisi prima hingga waktu yang lama. Berikut ada beberapa tips merawat laptop agar laptopmu bisa awet digunakan :

1. Hindari Penggunaan di Atas Kasur

Sebagian besar orang memiliki kebiasaan menggunakan laptop di atas kasur khususnya para anak muda. Memang terkesan nyaman namun berdampak buruk bagi laptop. Laptop jadi tidak bisa mendapat sirkulasi udara yang lancar sehingga akan membuat unit laptop menjadi cepat panas.

2. Hindari Menutup Laptop dalam Keadaan Panas

Biasanya, setelah menyelesaikan pekerjaan dengan laptop kamu akan langsung mematikan laptop dan menutupnya. Hal ini merupakan sebuah kebiasaan yang tidak dianjurkan. Jika laptop dalam keadaan dingin, mungkin tidak masalah langsung ditutup namun jika laptop dalam keadaan panas maka kamu disarankan menutupnya setelah suhu laptop turun.

3. Jaga Kebersihan Laptop

Kebersihan laptop juga harus dijaga jika kamu tidak ingin laptopmu cepat rusak. Biasakan untuk rutin mengecek kebersihan laptop. Bersihkan layar, keyboard, dan bagian lainnya agar laptop selalu dalam kondisi prima. Namun ingat, jika membersihkan laptop gunakan selalu cairan serta alat pembersih yang memang dikhususkan untuk membersihkan laptop.

4. Gunakan Sesuai Spesifikasi

Ada beragam tipe laptop yang beredar di pasaran. Setiap tipe memiliki spesifikasi masing-masing yang berbeda-beda. Kamu disarankan untuk menggunakan laptop yang spesifikasinya sesuai dengan kebutuhanmu. Jangan memaksa laptop untuk melakukan hal-hal yang tidak sesuai dengan spesifikasinya.

5. Hindari Penggunaan Terlalu Lama

Laptop bisa mengalami overheat atau suhu yang terlalu tinggi jika digunakan untuk waktu yang lama secara terus menerus. Jika memang kamu menggunakannya untuk urusan pekerjaan maka kamu bisa memakai fan agar suhu laptop tidak sampai overheat. Namun, lebih baik berikan jeda bagi laptop untuk beristirahat.

Itulah tadi beberapa hal yang bisa kamu praktikkan untuk menjaga laptop selalu dalam kondisi prima. Namun, jika laptopmu sekarang memang sudah tidak layak dipakai lagi maka kamu bisa membeli laptop Asus baru di Blibli.com. Banyak tersedia pilihan tipe laptop yang sesuai kebutuhanmu.

Artikel Terkait

Previous
Next Post »