Ini Dia AC Low Watt yang Paling Cepat Mendinginkan Ruangan

June 26, 2018
Melodi Blog - Setiap produk AC memiliki spesifikasi masing-masing yang bisa anda sesuaikan dengan kebutuhan. Sebagian besar orang tentu menginginkan AC yang bertipe Low Watt agar dapat lebih menghemat listrik. Namun mereka juga menginginkan produk AC yang bisa mendinginkan ruangan dengan cepat.

Pada artikel ini kita akan coba membandingkan dua produk AC dengantipe yang samayaitutipe Low Watt. Dua produk yang akan kita bandingkan adalah AC Sharp AH-A5-UCY dengan produk AC GreeC3E. 




Daya Listrik dan Kapasitas Pendingin

Poin pertama yang akan kita bandingkan tentu saja adalah daya listrik yang digunakan oleh masing-masing AC. AC Sharp AH-A5-UCY menggunakan daya sebesar 350 Watt. Sedangkan AC Gree C3E menggunakan daya listrik yang jauh lebih kecil yaitu hanya sebesar 315 Watt. 

Setelah mengetahui daya listrik yang dibutuhkan masing-masing produk AC tersebut, anda perlu tahu berapa kapasitas pendingin keduanya. AC Sharp AH-A5-UCY dibekali dengan kapasitas pendingin sebesar 5000 BTU/h. Sementara itu, AC Gree C3E memiliki kapasitas pendingin yang jauh lebih besar yaitu 5350 BTU/h.

Dari perbandingan ini bisa disimpulkan bahwa AC Gree C3E memiliki spesifikasi yang lebih baik daripada AC Sharp AH-A5-UCY. Daya listrik yang dibutuhkan oleh AC Gree C3E lebih rendah dan kapasitas pendinginnya lebih besar sehingga akan lebih hemat dan mampu mendinginkan ruangan dalam waktu yang lebih cepat.

Pada dasarnya, AC Sharp AH-A5-UCY dan AC Gree C3E sama-sama memiliki fitur Turbo Cooling. Fitur ini memungkinkan proses pendinginan ruangan berlangsung lebih cepat. Namun, karena AC Gree C3E memiliki kapasitas pendingin yang lebih besar maka AC ini akan lebih cepat mendinginkan ruangan.

Ramah Lingkungan

Kedua AC ini sama-sama didesain dengan fitur yang ramah lingkungan. Jaman sekarang, mengikuti teknologi yang semakin canggih tentu bukan hal yang sulit untuk menciptakan AC yang ramah lingkungan. Kedua produk AC ini menggunakan refrigerant yang sama yaitu R32. R32 ini diketahui lebih ramah lingkungan sekaligus bisa menghemat listrik.

Keamanan Unit AC

Ketika memilih produk AC tentu kita perlu mempertimbangkan bagaimana sisi keamanan unit AC tersebut. Kedua AC ini sebenarnya sama-sama telah dilengkapi dengan electrical box yang anti api. Namun daya tahan electrical box pada masing-masing produk berbeda setelah dilakukan pengujian khusus.

Electrical box yang dimiliki oleh AC Gree C3E terbukti lebih tahan api jika dibandingkan dengan electrical box pada AC Sharp AH-A5-UCY. Ketika dilakukan pengujian, electrical box milik AC Sharp AH-A5-UCY lebih cepat berubah menjadi serbuk. 

Kelengkapan Unit

Sebelum menjatuhkan pilihan, anda juga perlu mempertimbangkan kelengkapan unit yang akan didapatkan dari sebuah produk AC yang anda beli. Untuk produk AC Sharp AH-A5-UCY, selain tentu saja mendapat unit AC anda juga akan mendapatkan aksesoris berupa remot, baterai, dan nepel.

Sementara itu untuk produk AC GreeC3E, aksesoris yang didapatkan berupa remot, baterai, nepel, dudukan remot, gumtype sealer, kabel IDU-ODU 5 meter, filter DIY, dan insulasi 50 cm. Kelengkapan unit AC Gree C3E memang lebih lengkap dibandingkan dengan produk AC Sharp AH-A5-UCY.

Jika dibandingkan dari segi merek, AC Sharp bisa dikatakan lebih populer karena sudah lebih lama di pasar Indonesia. Namun, meskipun bisa dibilang baru, merek ACGree yang berasal dari Tiongkok ini telah mampu menarik perhatian banyak konsumen di Indonesia terbukti dari angka penjualan yang sangat pesat meningkat dari tahun ke tahun.

Artikel Terkait

Previous
Next Post »