6 Alasan Kenapa Belanja Online Bisa Pangkas Bujet Besar-Besaran

April 23, 2018

https://lh5.googleusercontent.com/EwE2nd6p3xZwDKwVRcC63Yl1HsllWHHNPD4-WLA8lvziWK_dYcSttjhACv6Df7-vrGSK4TzsoDEtpNO1F3KQtUeXVBIdj5NBC4UanZ1vY-JR_vbiIoF3NzZNuMcjr2wwxrtdvl72


Saat ini, belanja online seakan sudah menjadi bagian dari gaya hidup. Alasannya cukup jelas, di tengah kesibukan masyarakat saat ini, belanja online bisa memangkas banyak waktu yang dibutuhkan untuk belanja di toko konvensional seperti pasar atau mall. Caranya pun gampang, tinggal scrolling situs belanja online, klik barang yang diincar, lakukan pembayaran, dan barang yang kita beli pun sampai di rumah. 

Bukan hanya karena caranya yang serba mudah dan menghemat waktu, belanja online juga sering disebut-sebut bisa bikin kita lebih hemat. Jelas saja, pelaku bisnis online menjajakan produk mereka melalui etalase virtual, mereka tidak membutuhkan biaya sewa, membayar biaya operasional, bahkan tidak perlu seorang sales untuk menjajakan produknya. Ga heran kan kalau harga yang ditawarkan di situs online bisa lebih rendah meski produknya sama dengan yang dijual di toko konvensional? 

Bukan hanya karena produknya yang lebih murah, ternyata kamu juga bisa memangkas bujet besar ketika belanja online berkat 6 hal ini. Ga percaya? Simak alasannya di bawah ini.

Banyak promo dan diskon

Persaingan antar bisnis situs belanja online memang cukup ketat. Banyak pelaku bisnis online berlomba-lomba memberikan harga terbaik. Mulai dari perang diskon, hingga gratis ongkos kirim, berbagai penawaran menarik diberikan untuk menarik pelanggan. Belum lagi ada beberapa momen seperti hari-hari penting dijadikan ajang promosi oleh para pelaku bisnis belanja online.

Selain promo yang diberikan oleh situs belanja online itu sendiri, ga jarang rekanan mereka juga ikut bekerja sama, mulai dari penjual, perusahaan ekspedisi, hingga perusahaan pembayaran yang bekerja sama dengan situs belanja online tersebut. Misalnya kamu kredit laptop di Bukalapak atau Lazada dan memilih metode pembayaran Kredivo untuk pertama kali, maka kamu bisa mendapat diskon berupa potongan harga hingga Rp 50 ribu.

Mudah membandingkan harga dan penawaran terbaik

Ketika belanja di toko konvensional, kamu akan kesulitan untuk membandingkan harga barang yang ingin dibeli pada saat itu juga. Paling tidak kamu harus berkeliling toko untuk menemukan harga yang paling pas dengan bujet. Beda hal jika kamu belanja online. Kamu bisa dengan mudah membuka situs-situs yang menjual barang pilihanmu dan langsung membandingkannya. 

Mau lebih mudah lagi? Saat ini sudah banyak situs pembanding harga situs belanja online. Kamu tinggal membuka situs tersebut, ketik barang yang mau dibeli, lalu situs tersebut akan menunjukkan toko-toko online yang menjual barang yang diinginkan dan mengaturnya berdasarkan penawaran harga terbaik. Mudah kan?

Ongkos kirim lebih murah dibandingkan biaya transportasi ke toko offline

Saat belanja online, ada ongkos kirim (ongkir) yang dibebankan. Untuk beberapa pelanggan dengan domisili yang sama dengan penjual, tentu ongkir yang dibayarkan jadi lebih murah dibandingkan ongkos transportasi jika pergi ke tokonya langsung. Memang, hal ini ga berlaku untuk semua pelanggan. 

Tapi masih banyak situs belanja online yang memberikan promo ongkos kirim. Misalnya Shopee yang membebaskan ongkir untuk pembelian di atas Rp 90 ribu, Tokopedia yang dalam periode tertentu memberikan gratis ongkir hingga nominal Rp 50 ribu, atau Lazada dan JD.id yang beberapa kali memberikan ongkir dengan flat rate untuk semua domisili.

Terhindar dari lapar mata

Belanja online bisa membuatmu lebih hemat dan lebih mengontrol diri untuk tidak lapar mata. Misalnya ketika kamu belanja di mal dan merasa lapar, tentu kamu akan melipir ke bagian food court dan harus mengeluarkan bujet lebih untuk makan. Belum lagi jika ada godaan akan barang-barang new arrival. Kalau kamu tipe shopper yang cenderung impulsif, bisa-bisa uangmu habis ga bersisa sepulang dari belanja. 

Lain hal nya jika kamu belanja online. Kamu ga akan kehabisan tenaga untuk berkeliling toko, dan akan terhindar dari kelaparan. Kalau kamu merasa lapar pun, ga ada distraksi untuk pergi ke food court, kamu bisa makan di rumah dan ga perlu menghabiskan uang jajan!

Lebih mudah prediksi anggaran belanja

Saat belanja offline, kamu harus menghitung total belanjaan secara manual. Itu pun kalau kamu ga malas buat menghitungnya. Seringkali karena tak membuat perhitungan, kamu kaget melihat total belanjaan ketika sampai di meja kasir. Dengan belanja online, kamu bisa dengan mudah mengetahui harga total yang harus kamu bayar dari keranjang belanjamu. Kalau total harga melebihi bujet, tinggal sortir lagi barang-barang yang hendak dibeli dan hapus barang yang tidak benar-benar dibutuhkan. 

Banyak pilihan metode pembayaran

Dengan semakin berkembangnya situs jual beli online, maka semakin beragam pula metode pembayaran yang ditawarkan untuk bertransaksi. Mulai dari transfer bank, Cash on Delivery, kartu kredit, hingga kredit tanpa kartu kredit. Tentu hal ini menjadi salah satu hal yang bisa bikin kamu berhemat. Coba bayangkan, ketika kamu berbelanja langsung di toko konvensional, mungkin kamu akan membawa uang tunai untuk bertransaksi. 

Beberapa toko konvensional memang sudah menyediakan mesin EDC agar pelanggannya bisa bertransaksi dengan kartu debit atau kredit. Untuk transaksi besar seperti pembelian laptop, pilihan ini sangat bermanfaat karena kamu bisa kredit laptop dan tidak perlu mengeluarkan uang tunai sekaligus dalam satu waktu. Tapi sayangnya, ga semua toko memiliki opsi ini. Begitu pula dengan calon konsumen, ga semuanya punya kartu kredit untuk bisa kredit laptop atau barang lain yang harganya mahal.

Berbeda dengan toko online, hampir semua situs jual beli online menyediakan banyak pilihan metode pembayaran, tak terkecuali pembayaran secara kredit tanpa kartu kredit. Misalnya seperti Tokopedia, Bukalapak, JD.id, Shopee, dan Blibli. Seluruh e-commerce tersebut telah bekerja sama dengan Kredivo, perusahaan yang menyediakan layanan cicilan tanpa kartu kredit. 

Mengusung tagline “beli sekarang, bayar nanti” Kredivo menyediakan opsi bayar tunai dalam 30 hari dengan bunga 0% dan cicilan tenor 3, 6, atau 12 bulan dengan bunga hanya 2,95%. Kamu ga perlu menabung lama untuk membeli barang yang harganya cukup mahal seperti laptop. Tinggal kredit laptop pakai Kredivo, semua bisa dicicil!

Artikel Terkait

Previous
Next Post »