Syarat Membuat Surat Kelakuan Baik dari Kepolisian

March 08, 2018
SKCK adalah surat yang berisi kelakuan seseorang dalam berbuat kejahatan, dimana dalam surat tersebut akan tercatat jika anda pernah melakukan suatu kejahatan, dan jika anda tidak pernah melakukan kejahatan pun akan ada keterangannya, sehingga surat kelakuan baik dari kepolisian tidak dapat dimanipulasi. Surat ini diterbitkan oleh polri dimana didalamnya mempunyai masa berlaku selama 12 bulan. Sebagai warga negara yang patuh dengan hukum di Indonesia pasti anda sering mendengar surat tersebut. Surat kelakuan baik ini sendiri merupakan surat keterangan catatan kepolisian, yang merupakan pembaharuan dari surat keterangan kelakuan baik. Catatan dari kepolisian ini  juga dapat digunakan bagi anda yang ingin mendaftarkan diri sebagai perangkat desa karena seorang perangkat desa juga harus bersih dari catatan kejahatan agar masyarakat yang dipimpinnya juga patuh akan hukum yang sudah ditetapkan. Syarat membuat SKCK yang mudah menjadi faktor utama anda harus membuatnya sebelum anda terjun di masyarakat, agar anda dapat mempunyai bukti bahwa anda tidak pernah melakukan tindak criminal atau suatu kejahatan.



Mengapa anda harus memilikinya? Pasti anda mengetahui bahwa menjadi pegawai negeri merupakan hal yang diimpikan semua orang. Dan untuk menjadi pegawai negeri syarat yang harus anda siapkan salah satunya adalah surat keterangan catatan kepolisian. Sehingga anda harus membuatnya segera mungkin karena syarat untuk membuatnya mudahsekali. Selain itu, keterangan dari kepolisian ini juga dapat digunakan sebagai syarat untuk mendirikan usaha anda, karena usaha merupakan hal yang penting untuk menunjang kehidupan anda sehingga dalam mendirikan usaha anda harus melengkapi syarat yang harus dipenuhi karena usaha berkaitan dengan masalah keuangan dan juga lingkungan sehingga tidak lepas dari yang namanya tindak kejahatan

            Adapun syarat membuatnya yang perlu anda siapkan adalah sebagai berikut :
1.     Anda harus menyiapkan surat pengantar dari desa anda yang diketahui oleh kepala desa.
2.     Anda harus menyiapkan foto kopi KTP atau kartu tanda penduduk anda yang masih berlaku.
3.     Atau anda bisa menyiapkan foto kopi SIM atau surat izin mengemudi yang masih berlaku sebagai identitas anda.
4.     Anda harus menyiapkan foto kopi KK atau kartu keluarga anda yang masih berlaku atau terbaru.
5.     Anda harus menyiapkan foto kopi akte kelahiran anda.
6.     Anda harus menyiapakan pas foto dengan ukuran 4 x 6 sebanyak 6 lembar dengan foto terbaru.

Inilah syarat yang harus anda siapkan untuk membuat surat tersebut. Setelah semua syarat tersebut lengkap anda dapat langsung pergi kekantor polisi terdekat untuk mengambil formulir pengajuan catatan kepolisian dan mengisi semua data yang disediakan dengan benar dan asli. Dan setelah itu dari pihak kepolisian akan meminta anda untuk menempelkan sidik jari anda sebagai tanda bukti bahwa surat ini tersebut merupakan asli kepemilikan anda.

            Karena catatan dari kepolisian ini merupakan surat yang penting dalam membantu anda mendapatkan dan memenuhi syarat melamar pekerjaan, maka anda juga harus memperhatikan kelakuan dan perbuatan anda. Jangan sampai anda tercatat pernah melakukan suatu kejahatan yang kejahatan tersebut menyangkut kepolisian, karena hal ini tentu saja akan merepotkan anda ketika anda ingin membuatnya dan mengajukan persyaratan membuat surat tersebut. Ini merupakan salah satu upaya dari pemerintah untuk meminimalisir terjadinya kejahatan bagi semua masyarakat agar negara Indonesia tetap aman dan sejahtera, walaupun mungkin tetap ada seseorang yang masih berani melakukan kejahatannya, namun hal itu masih dapat terkontrol oleh pihak yang bersangkutan yang menangani masalah hukum di Indonesia. Namun perlu anda ketahui bahwa kepolisian atau polsek sekarang ini tidak menerbitkannya yang digunakan untuk kepentingan tertentu yaitu :Untuk kepentingan melengkapi syarat menjadi PNS, untuk kepentingan yang bersifat antar Negara serta untuk pembuatan visa.

Surat tersebut mempunyai masa berlaku selama 12 bulan, sehingga anda harus memperpanjang masa berlaku dengan cara melakukan perpanjangan masa berlakunya. Untuk memperpanjang masa berlaku anda dapat menyiapkan syarat seperti halnya syarat membuat catatan itu sendiri. Dengan syarat  yang utama adalah polsek penerbit surat keterangan catatan kepolisian sesuai dengan alamat KTP atau SIM pembuat atau pemohon. Hal ini tentu saja sudah tercantum dalam ketentuan dan peraturan yang berlaku di Indonesia sehingga harus dipatuhi oleh semua masyarakat. Dalam memperpajang masa berlaku Surat ini juga diberlakukan tariff perpanjangan yang sudah ditetapkan sejak tahun 2010 yang lalu, dimana tariff tersebut yang dikenakan adalah sebagai berikut yaitu untuk sidik jari dikenakan tariff sebesar Rp. 10.000 dan untuk proses administrasi dikenakan tariff sebesar Rp. 10.000. Adapun syarat untuk memperpanjang masa berlakunya yang perlu anda siapkan adalah sebagai berikut :

1.     Anda harus menyiapkan catatan lama yang asli yang telah habis masa berlakunya yakni selama 1 tahun atau 12 bulan.
2.     Anda harus menyiapkan foto kopi KTP atau kartu tanda penduduk anda yang masih berlaku.
3.     Atau anda bisa menyiapkan foto kopi SIM atau surat izin mengemudi yang masih berlaku sebagai identitas anda.
4.     Anda harus menyiapkan foto kopi KK atau kartu keluarga anda yang masih berlaku atau terbaru.
5.     Anda harus menyiapkan foto kopi akte kelahiran anda.
6.     Anda harus menyiapakan pas foto dengan ukuran 4 x 6 sebanyak 3 lembar dengan foto terbaru.
7.     Anda harus mengisi formulir perpanjangan yang telah disediakan di kantor polisi.
Inilah syarat yang harus anda siapkan jika anda ingin memperpanjang masa berlaku anda. 

Surat keterangan ini juga menjadi syarat untuk anda jika ingin membuat buku pelaut, buku pelaut ini mirip dengan paspor yang dikeluarkan resmi oleh negara, buku pelaut ini berisi identitas para pelaut yang sedang menempuh perjalanan mengarungi laut untuk berbagai kepentingan, salah satunya adalah untuk kepentingan bisnis Negara maupun bisnisperorangan yang tidak bertentangan dengan hukum negara, buku pelaut juga merupakan data perjalanan kerja para pelaut. Catatan dari kepolisian ini juga dapat memberikan keuntungan bagi anda yang ingin melangsungkan pernikahan yang calon mempelai pria atau wanita nya adalah seoarang anggota polri atau TNI. Karena hal ini sudah menjadi syarat wajib untuk melampirkannya sebagai syarat yang harus dipenuhi. Sehingga jangan sampai anda lupa membuatnya karena hal ini akan merepotkan anda ketika anda berjodoh dengan anggota TNI atau polri karena syarat membuat catatan ini sendiri sangat mudah dan sudah dimiliki oleh anda sejak mulai membuat KTP atau kartu tanda penduduk. Karena surat ini merupakan surat penting yang berisi catatan kelakuan seseorang dalam berbuat kejahatan, dimana dalam surat tersebut akan tercatat jika anda pernah melakukan suatu kejahatan, dan jika anda tidak pernah melakukan kejahatan pun akan ada keterangannya, sehingga surat keterangan catatan kepolisian tidak dapat dimanipulasi atau ditiru. Inilah informasi dan berita mengenai syarat membuat SKCK serta berbagai keuntungan yang anda dapatkan dari atau surat keterangan catatan kepolisian yang telah anda buat. Semoga bermanfaat.


Artikel Terkait

Previous
Next Post »

1 comments:

Write comments
PAK MHD IKBAL
AUTHOR
March 21, 2018 at 7:01 AM delete

Ass,wr,wt saya atas Pak mhd ikbal sangat berterima kasih banyak kepada AKI SOLEH atas bantuan pesugihan dana ghaib, kini kehidupan saya sekeluarga sudah jauh lebih baik dari sebelumnya,ternyata apa yang tertulis didalam blog AKI SOLEH itu semuanya benar benar terbukti nyata dan saya adalah salah satunya orang yang sudah membuktikannya sendiri,usaha kami dulunya bangkrut kini alhamdulillah sekarang sudah mulai bangkit lagi itu semua berkat bantuan AKI,saya tidak pernah menyangka kalau saya bisa sesukses seperti ini, dan kami sekeluarga tak lupah mengucapkan banyak berterima kasih kepada AKI,,bagi anda yang ingin dibantu sama AKI SOLEH silahkan hubungi di 082 313 336 747 insya allah AKI akan membantu anda dengan senang hati,pesugihan putih tanpa resiko apapun dan untuk lebih jelasnya buka saja blog AKI  "B U T U H-U A N G-G A I B"

Atau Chat/Tlpn di WhatsApp (WA) 
No WA Aki : 082313336747

Reply
avatar