Cara Ampuh Membersihkan Panci Yang Berkerak

January 25, 2018
Melodi Blog- Cara membersihkan panci yang berkerak adalah permasalahan yang sering terjadi ketika memasak. Sedangkan memasak adalah aktivitas yang tidak bisa dihindari dari peralatan memasak. Seperti panci, dan wajan, biasanya kedua alat memasak ini timbul masalah menjadi gosong atau berkerak. Menghadapi masalah seperti ini anda tak perlu khawatir khususnya para ibu-ibu, karena masalah seperti ini sangat mudah diselesaikan. Membesihkan panci sebenarnya bisa dilakukan secara sederhana, namun tak banyak orang tau bagaimana caranya. Dengan memanfaatkan bahan alami  kita bisa mengatasi panci yang berkerak atau gosong. Beginilah tips membersihkan panci yang berkerak.




1. Memanfaatkan Air Panas

Ketika panci atau wajan yang kita gunakan untuk memasak ternyata gosong, maka anda harus segera merendamnya dengan air panas, karena air panas bisa membuat lembek panci yang gosong sehingga akan lebih  mudah dibersihkan.

2. Memanfaatkan Minyak Sayur

Minyak sayur yang biasanya kita gunakan untuk menggoreng makanan ternyata bisa juga digunakan untuk membersihkan panci yang berkerak. Bagaimana bisa minyak sayur digunakan untuk membersihkan panci yang berkerak? Tentu bisa, karena minyak sayur juga dapat membuat kerak menjadi lembek. Caranya cukup mudah dengan mengoleska minyak sayur ke bagian apnci yang berkerak kemudian diamkan selama beberapa menit setelah di diamkan anda bisa mencucinya dengan sabun, gosok dengan spon dan bilaslah dengan air bersih.

3. Menggunakan Kulit Apel

Perlu kita ketahui kulit apel yang seringkali kita buang karena merasa tidak ada manfaatnya, ternyata kulit apel ini juga bisa digunakan untuk membersihkan panci yang berkerak atau gosong. Karena di dalam kulit apel mengandung asam yang dapat digunakan untuk menghilangkan kerak yang membandel sekaligus mengembalikan kilaunya. Caranya sangat mudah yaitu rebus air dengan kulit apel menggunakan panci yang berkerak. Setelah mendidih, rendam panci dengan campuran air dan kulit apel selama 20-30 menit, stelah itu cucilah seperti biasa hingga bersih.

4. Memanfaatkan Baking Soda dan Air

Seperti yang kita ketahui, baking soda merupakan bahan yang sangat ampuh untuk membersihkan kerak yang menempel pada alat-alat masak. Cara membersihakn cukup mudah yaitu, siapkan baking soda dan air secukupnya. Lalu campurkan kedua bahan tersebut, aduklah hingga merata. Setelah itu, oleskan pada panci atau wajan yang gosong. Diamkan beberapa jam untuk mendapatkan hasil yang maksimal. Jika sudah, anda bisa langsung mencuci panci anda seperti biasanya sampai bersih. Cara lain yang bisa anda lakukan yaitu dengan menaburkan baking soda secara langsung pada panci atau wajan yang akan anda bersihkan, lalu diamkan beberapa saat. Setelah itu, cucilah sampai bersih.

5. Memanfaatkan Cuka

Cuka memiliki kandungan asam asetat. Kandungan ini bisa digunakan untuk membersihkan panci yang berkerak. Caranya mudah sekali, yaitu siapkan cuka secukupnya saja. Lalu siramkan cuka tersebut pada panci yang berkerak atau gosong. Lalu biarkan beberapa menit. Setelah itu gosoklah panci tersebut dengan spon yang diberi sabun, lalu cucilah dan gosoklah  hingga benar-benar bersih.

Itulah beberapa cara yang bisa dilakukan untuk membersihkan panci yang berkerak. Semoga bermanfaat.

Artikel Terkait

Previous
Next Post »