Berencana Bangun Rumah Murah? Inilah 6 Trik Bangun Rumah 2 Lantai Murah

January 28, 2018
Cara bangun rumah murah hingga hari ini masih menjadi bidikan banyak orang. Hal ini tidak terlepas dari keinginan untuk membangun rumah tanpa perlu menghabiskan uang yang selama ini telah dikumpulkan. Kendati sudah banyak rumah siap huni yang dijual, namun nyatanya membangun hunian secara mandiri masih menjadi pilihan sebagain orang.

Biasanya seseorang ingin membangun rumahnya sendiri karena bisa lebih bebas mendesain rumah impian. Sedangkan rumah siap huni umumnya memang sudah didesain dari pemilik properti  yang bersangkutan. 

Meski bisa mendesain rumah sesuai keinginan, namun membangun rumah bukanlah hal yang murah apalagi mudah. Tidak dipungkiri bahwa hari ini semua serba mahal. Lebih dari itu lahan kosong juga sudah sulit ditemukan, alhasil sekalinya menemukan lahan kosong yang lokasinya strategis mau tidak mau Anda harus menguras saldo tabungan.



Pada dasarnya membangun rumah sendiri ini tergantung pada kesiapan dana yang Anda miliki. Walaupun demikian, Anda masih bisa meminimalisir biaya pembangunan rumah. Asal tahu trik bangun rumah murah, keuangan Anda tidak akan terganggu. 

Lantas apa saja trik bangun rumah murah2 lantai tersebut? Berikut ulasannya.

Buat perencanaan yang matang

Biaya yang dibutuhkan untuk membangun rumah tidaklah sedikit, itulah mengapa sebagai langkah awalnya Anda harus membuat perencanaan yang matang. Hal-hal yang harus direncanakan adalah mengenai ukuran bangunan, target waktu pembangunan hingga dana yang disiapkan untuk membangun rumah. Jangan lupa untuk mencatat bahan bangunan apa saja yang harus dibeli.

Dalam membangun rumah, perencanaan adalah poin mutlak yang harus ada. Tujuannya adalah supaya dalam prosesnya ada pengendali apabila muncul hal-hal di luar perencanaan. Dengan membuat perencanaan, ini membuat proses pembangunan rumah lebih terarah.

Pilih desain yang tepat

Ingin membangun rumah dengan biaya murah? Rumah dengan desain minimalis dapat menjadi pilihannya. Lagi pula rumah dengan desain ini tidak henti-hentinya menjadi primadona bagi pengembang maupun masyarakat yang secara umum memilih membangun rumahnya sendiri.
Nilai plus dari desain minimalis ini adalah praktis dan ekonomis. Praktis karena desainnya simple dan ekonomis karena biayanya murah. Ya, rumah dengan desain minimalis ini dinilai lebih efisien dalam memanfaatkan bahan bangunan. Meski begitu bangunan rumah yang dihasilkan tetap mengusung konsep modern.

1 lantai satu 2 lantai?

Trikbangun rumah murahselanjutnya adalah menentukan apakah rumah 1 lantai atau 2 lantai. Mungkin rumah 1 lantai sekilas membuat Anda berpikir bahwa biayanya lebih murah. Benar, tapi perlu Anda ketahui bahwa selisih biaya yang dibutuhkan untuk bangun rumah 2 lantai tidak jauh berbeda dari bangunan 1 lantai. Itu artinya akan lebih efisien jika Anda memutuskan untuk membangun rumah 2 lantai.

Survei harga bahan bangunan

Membangun rumah juga perlu mengetahui harga-harga bahan bangunan. Setelah mencatat semua item bahan bangunan yang dibutuhkan untuk bangun rumah. Sekarang saatnya bagi Anda untuk mencari tahu harga bahan bangunan tersebut.

Lakukan survei sederhana dengan mendatangi toko-toko bahan bangunan dan cari tahu harga bahan-bahan bangunan yang ada. Tidak perlu langsung membeli, karena Anda harus survei harga ke toko bangunan lainnya. Oia, pastikan Anda bisa menawar ya, supaya mendapatkan potongan harga ketika membeli banyak item.

Cermat memilih jasa tukang

Trik bangun rumah murah lainnya adalah memilih jasa tukang bangunan yang tepat. Tukang bangunan inilah yang nantinya akan membangun rumah Anda. Pilihlah tukang bangunan yang benar-benar ahli membangun rumah. Sebab bagaimana hasil rumah nantinya juga bergantung pada keahlian tukang bangunan yang dipilih. Lagi pula, Anda juga harus membayar jasa tukang bangunan tersebut, sangat sayang jika sudah mengeluarkan banyak dana tapi hasilnya tidak memuaskan.

Demikianlah 5 trik bangun rumah murah yang dapat Anda terapkan. Jangan lewatkan poin-poin penting di atas agar rumah idaman bisa segera dimiliki dan keuangan Anda tetap stabil.
Semoga informasi di atas bermanfaat ya.


Artikel Terkait

Previous
Next Post »