Agar Berat Badan Ideal Bayi Tercapai, Jangan Lewatkan 4 Poin Penting ini

January 29, 2018
Berat badan ideal bayi bisa dicapai jika bayi mendapatkan asupan nutrisi dan gizi yang tepat. Salah satunya adalah dengan memberikan ASI ekslusif setidaknya pada 6 bulan pertama sejak si kecil lahir. Pada usia ini pula bayi belum bisa mendapatkan makanan lain selain ASI, jadi tumbuh kembang bayi pada tahap ini benar-benar bergantung pada ASI.

Pada 6 bulan pertamanya, nutrisi si kecil dapat terpenuhi meski hanya diberi ASI. Namun ketika memasuki usia 7 bulan, Anda sudah harus mulai memberikan makanan pendamping ASI atau MPASI. Bagi ibu yang sudah berpengalaman rasa-rasanya tidaklah sulit untuk menyiapkan MPASI, akan tetapi, untuk Anda yang baru memiliki bayi mungkin masih bingung harus memulai MPASI darimana supaya berat badan ideal bayi tetap tercapai.


Lantas hal apa saja yang perlu diperhatikan ketika memberikan MPASI untuk si kecil? Berikut ulasannya.

Berikan pada bayi secara bertahap

Selalu ingat bahwa pada usia 7 bulan ini bayi baru diperkenalkan dengan makanan selain ASI. Sama halnya ketika Anda tinggal di lingkungan baru, Anda butuh waktu untuk menyesuaikan diri dan beradaptasi. Begitu pula pada bayi, ia membutuhkan waktu untuk belajar mengenal makanan. 

Oleh karena itu berikan MPASI secara bertahap, mulai dari jumlah hingga jenis makanan apa yang akan diberikan pada bayi. Anda bisa memulainya dengan memberikan 2 sampai 3 sendok dulu agar bayi mulai mengenal rasa. 

Apabila si kecil menolak makanan, Anda tidak perlu memaksanya untuk makan. Jangan karena ingin berat badan ideal bayi kemudian Anda memaksa si kecil, ini hanya akan meninggalkan trauma. Alternatif yang bisa dicoba adalah menyuapi bayi sambil mengajaknya bermain. Dengan begitu bayi bisa menikmati momen-momen MPASI dengan menyenangkan.

Jangan berikan gula, garam dan madu

Saat MPASI pertama (ketika bayi memasuki usia 7 bulan) sebaiknya Anda tidak menambahkan gula, garam dan madu pada menu MPASI bayi. Hal ini karena ginjal bayi belum kuat memproses gula dan garam, begitu juga dengan madu, pencernaan bayi belum mampu mengolah zat yang ada dalam madu. Nanti ketika bayi sudah berusia 8 bulan, Anda baru bisa menambahkan bahan-bahan ini pada makanannya.

Buah dan Sayur untuk menu MPASI

MPASI untuk mencapai berat badan ideal bayi bisa dimulai dengan mengenalkan buah dan sayur pada bayi. Namun pada praktekknya Anda dianjurkan memberikan sayur terlebih dulu karena rasa buah lebih enak dibandingkan sayur. Jadi apabila Anda memberikan buah lebih dulu, dikhawatirkan bayi justru tidak mau makan sayur karena lebih menyukai rasa manis yang ada dalam buah-buahan.
Lakukan secara bertahap, setelah si kecil mulai terbiasa dengan menu sayur, Anda bisa mengenalkannya dengan buah-buahan. 

Selektif memilih menu MPASI

Tidak jarang ada bayi yang memiliki reaksi energi terhadap jenis makanan tertentu. Kendati ingin mencapai berat badan ideal bayi, bukan berarti Anda bebas memberikan semua jenis makanan pada si kecil. Untuk itu perlu Anda perhatikan apakah ada reaksi alergi yang ditunjukkan ketika bayi diberi menu MPASI. 

Reaksi alergi ini bisa ditandai dengan diare, muntah, ruam kulit dan lainnya. Apabila menemukan reaksi ini pada bayi Anda, segera periksakan ke dokter untuk mendapatkan penanganan yang tepat.

Demikianlah beberapa poin penting dalam memberikan MPASI pada bayi guna mencapai berat badan ideal bayi. Pemilihan dan pemberian menu MPASI yang tepat akan membuat berat badan bayi tetap ideal. Bayi pun tumbuh dengan sehat dan ceria.
Semoga informasi di atas bermanfaat ya.

Artikel Terkait

Previous
Next Post »