Ini Dia Jenis Asuransi yang Penting untuk Kita Miliki

Desember 01, 2017
Di zaman modern ini, asuransi menjadi suatu produk yang mutlak perlu kita semua miliki, dan asuransi di Indonesia sudah sangat berkembang pesat, terbukti dengan beragamnya jenis dan macam asuransi yang tersedia di pasaran. Asuransi pada dasarnya adalah upaya perlindungan terhadap suatu hal baik itu harta, jiwa, raga, bahkan persiapan masa depan seperti pendidikan dan pernikahan. Beragamnya jenis dan macam asuransi yang beredar membuat sebagian kalangan bingung, maka sosialisasi terkait hal itu rasanya sangatlah perlu. Meskipun otoritas terkait sudah melakukan sosialisasi tersebut, namun rupanya masih amat kurang, maka tidak salah rasanya jika dalam artikel ini akan sedikit menyampaikan informasi terkait jenis-jenis asuransi yang penting untuk dimiliki.



Adapun jenis-jenis asuransi yang telah beredar di Indonesia baik asuransi perlindungan diri maupun harta benda yakni antara lain:

1. Asuransi Jiwa

Jenis asuransi yang satu ini tentu sudah tidak asing lagi di telinga anda, karena memang sepertinya asuransi jiwa menjadi salah satu asuransi yang paling diprioritaskan untuk dimiliki, karena memang manfaat yang diberikannya cukup besar. Secara umum asuransi jiwa memberikan tanggungan ketika si tertanggung meninggal dunia, klaim baru dapat dilakukan setelah si tertanggung meninggal meskipun dalam kondisi tertentu klaim dapat dilakukan sebelum si tertanggung meninggal.

2. Asuransi Kesehatan

Dari namanya sudah cukup jelas, asuransi yang satu ini berkonsepakan menanggung biaya kesehatan kita apabila kita sakit. Asuransi kesehatan ini bersama asuransi jiwa menjadi salah satu asuransi di Indonesia yang paling tinggi minat terhadapnya. Premi atau iuran yang variatif menjadi salah satu faktor tingginya minat masyarakat.

3. Asuransi Kendaraan

Tingginya angka kecelakaan lalu lintas menimbulkan kekhawatiran tersendiri bagi para pemilik kendaraan, terutama mereka yang memiliki kendaraan mewah. Di samping itu angka pencurian kendaraan pun menjadi alasan penguat perlunya masyarakat kita memiliki asuransi ini karena dengan begitu kerusakan atau bahkan kehilangan kendaraan kita bisa tercover oleh klaim asuransi
.
4. Asuransi kepemilikan rumah dan properti

Seperti halnya asuransi kendaraan, asuransi ini memberikan jaminan ketika rumah atau properti milik tertanggung pribadi mengalami kerusakan atau bahkan kehilangan tertentu.

5. Asuransi Pendidikan

Berbeda dengan layanan asuransi sebelumnya, asuransi pendidikan memberikan jaminan biaya pendidikan bagi putra-putri tertanggung, premi yang beragam dapat disesuaikan dengan kebutuhan pemegang polis asuransi.

Melihat manfaat yang diberikan, sudah saatnya masyarakat kita secara umum lebih jauh memandang pentingnya asuransi lebih dari sekedar asuransi kesehatan dan asuransi jiwa saja. Namun tentu perlu diperhatikan pula  kemampuan si pemegang polis asuransi untuk disiplin membayar premi setiap periode nya, jangan sampai niatan untuk mempersiapkan masa depan justru mengganggu kebutuhan hidup sehari-hari.Itulah beberapa asuransi di Indonesia yang populer dan paling banyak dimintai, semoga dapat memberikan informasi bagi anda dalam membedakan jenis-jenis asuransi yang ada.

Artikel Terkait

Previous
Next Post »