Tips Cerdas Merawat Bayi

Oktober 24, 2017
Kelahiran bayi adalah hal yang paling di tunggu oleh pasangan, terutama seorang ibu yang sudah mengandung selama 9 bulan pastinya tak sabar menunggu kelahiran sang buah hati dan tentunya sebelum kelahiran anda pasti sudah mempersiapkan segalanya dari hal pakaian ataupun untuk perawatannya apalagi anda yang baru pertama memiliki putra/putri tentunya sedikit bingung bagaimana melakukan perawatan yang baik untuk bayi.  Pada kesempatan kali ini saya akan berbagi tips cerdas dalam merawat bayi. Berikut tipsnya :


1. Merawat Tali Pusar Bayi

Tali pusar adalah daerah yang sangat sensitif untuk terkena infeksi, oleh sebab itu harus diperhatikan dengan baik. Biasanya tali pusar ini setelah kelahiran masih menempel dan akan lepas selama satu hingga dua minggu.hal yang perlu dilakukan dalam perawatannya adalah :
· Jika tali pusar ini masih menempel dan basah ketika bayi dimandikan, maka bagian ini harus segera dikeringkan bagian tersebut dengan kain kasa atau cotton buds yang steril.
· Jaga pangkal tali agar tetap bersih, jangan sampai diberikan ramuan apapun.
· Jangan menggunakan alcohol serta menutup tali pusar tersebut dan biarkan tetap terbuka. Cukup dibersihkan dengan air matang.

2. Merawat Kulit Bayi

Kulit bayi harus dijaga tujuannya agar tetap kulit bayi tetap halus, lembab atau jangan sampai kulit bayi kering, dan mengatasi biang keringat. Untuk menjaga kulit agar tetap halus dan lembut maka cara yang harus dilakukan adalah memandikan bayi minimal sekali dalam sehari. Anak kecil masih belum memiliki ketahanan terhadap dingin jadi untuk memandikannya cukup di lap saja dengan menggunakan waslap basah yang dibubuhi sabun bayi. Agar tidak kering setelah mandi oleskan baby oil ditambah minyak kayu putih biar tidak masuk angin dan taburkan bedak ke tubuhya. Merawat kulit bayi ini termasuk kulit kepala juga agar kulit kepala lembab maka berikan beby oil dengan dioleskan tunggu kurang lebih 10-15 menit kemudian kepala bayi di pijat-pijat lalu bersihkan.

3. Merawat Hidung Bayi

Bayi biasanya sangat rentan dengan pilek oleh sebab itu bagian hidung ini harus dijaga, namun rongga hidung ini tidak perlu dilakukan perawatan khusus, karena sudah memiliki pembersih alami. Jika si bayi pilek sehingga pernafasannya tersumbat maka lender tersebut harus di keluarkan bisa dengan manual atau menggunakan aspirator hidung bayi. Jika secara manual teknisnya adalah tutup sebelah hidungnya dengan jari kemudian isap sebelahnya dan lakukan secara bergantian jangan dua-duanya karena hal ini bahaya lendir akan mengalir ke telinga tengah dan akan mengakibatkan infeksi dibagian sana.

4. Merawat Mulut Bayi

Ketika bayi berumur 0-1 bulan mulut atau bibir bayi sangat rawan dengan jamur candida. Penyebab dari jamur ini adalah orang dewasa atau ibunya sendiri yang setelah memegang sesuatu yang kotor kemudian tidak cuci tangan dan langsung memegang bayi padahal kita ketahui bayi suka sekali memasukkan jarinya ke mulut nah itu yang mejadikan mulut anak mudah terkena jamur candida. Ciri-ciri jamur ini adalah terdapat busa-busa putih disekitar bibir dan mulut.

5. Memberikan Susu Pada Bayi

Makanan bayi hanyalah ASI (Air Susu Ibu) karena pada usia masih bayi belum bisa makan-makanan yang kasar. Oleh sebab itu ASI harus lancar karena susu yang baik untuk anak adalah ASI namun jika ASI tidak keluar maka anda bisa memberikan susu formula pada bayi, namun ibu harus cerdas dalam memilih susu yang baik bagi buah hati.

6. Jaga Perasaan Anda

Menjaga perasaan ini penting bahkan sangat penting. Karena seorang bayi akan mudah mengenali perasaan anda. Jika anda memberikan  kasih sayang yang tulus dan lemah lembut maka bayi akan merasa tenang akan tetapi jika anda kurang tulus dalam merawatnya maka bayi tidak akan merasa tenang. Jadi  jangan sampai mudah marah di depan bayi karena bayi akan merasakannya dan bisa menjadi sifat pada bayi karena sifat orang tua akan tercermin pada anaknya.

Itulah beberapa tips merawat bayi, sebenarnya masih banyak bagian tubuh bayi yang harus dirawat dan dijaga namun yang saya paparkan hanya beberapa bagian yang itu sangat sensitif sehingga benar-benar pelu diperhatikan. Semoga artikel ini bisa bermanfaat.

Artikel Terkait

Previous
Next Post »