Makanan Bayi Instan yang Aman untuk Dikonsumsi

Oktober 19, 2017
Melodi Blog - Sama halnya dengan orang dewasa, maka bayi juga butuh asupan nutrisi yang cukup untuk menjadi sumber tenaga bagi mereka dan dapat mengoptimalkan tumbuh kembang, hanya saja jenisnya berbeda, bayi lebih banyak mengkonsumsi menu makanan lembut dibandingkan dengan makanan padat, karena kondisi organ tubuhnya belum mampu mencerna secara baik.Sebenarnya memang banyak sekali diantara pilihan menu makanan bayi siap pakai yang banyak dijual di pasaran,pastinya Anda sendiri sudah tak begitu asing dengan hal yang satu ini bukan. Produk makanan kemasan untuk buah hati.



Diantara jenis-jenis yang banyak dijual sendiri adalah:

1. Bubur bayi,bubur instan ini ditawarkan dalam berbagai pilihan rasa, untuk penggunaan nya atau konsumsinya sendiri juga sangat mudah, diantaranya adalah dengan menambahkannya menggunakan air hangat, kemudian dicampur rata dan diberikan kepada buah hati. Sangat mudah dan praktis bagi parai bu rumah tangga.

2. Menu biskuit bayi, jenis yang lainnya adalah biskuit, namun tenang saja,roti kering yang dibuat untuk buah hati umumnya memiliki tekstur yang sangat empuk, sehingga bisa mereka cerna secara lebih mudah. Tak jauh berbeda dengan bubur instan, maka jenis makanan yang satu ini juga ditawarkan dalam berbagai varian rasa. Selain bisa dikonsumsi langsung sebagai cemilan, maka juga bisa dibuat dalam bentuk bubuk dengan menambahkannya menggunakan air hangat atau susu.

Namun agaknya para orang tua juga harus lebih selektif di dalam memilihkan makanan bayi instan ini, mengingat tak semua produknya menjamin nilai kesehatan dan juga keamanan untuk si kecil, berikut ini diantara beberapa hal penting yang harus dipertimbangkan:

1. Cek izin kesehatan dari menu makanan tersebut,bagian yang sangat penting pertama adalah dengan mengecek apakah menu makanan tersebut sudah terdaftar BPOM atau belum, jika memang sudah tandanya produk yang dibuat benar-benar sudah aman untuk sikecil. Meskipun sepele namun hal ini sangat penting dilakukan, agar buah hati tak sampai mengkonsumsi makanan ilegal berbahaya.

2. Cek kondisi bungkus produk tersebut, tak jarang diantaranya makanan instan yang kondisinya sudah taklagi baik, artinya bisa terdapat sobekan, kemudian juga kardus yang rusak,kerusakan ini selain karena terjatuh juga bisa karena kontaminasi bakteri, sangat rentan produk makanan yang sudah terbuka dihinggapi oleh bakteri yang pastinya berbahaya untuk si kecil.

3. Cek komposisi bahannya,mengecek kandungan bahan juga jadi bagian yang tak kalah penting, apalagi bagi para bunda yang memiliki anakalergi, misalnya ada beberapa bahan yang bisa memicu alergi mereka, seperti seafood atau yang lainnya. Untuk itu tak boleh asalpilih menu makanan. Perhatikan kandungannya terlebih dahulu.

4. Memastikan tanggal kadaluarsa produk,setiap produk makanan akan diberikan jangka waktu selama beberapa tahun untuk mencapai masa kadaluarsa atau tak layak konsumsi,hal ini sangat penting untuk dilihat, guna memastikan bahwa makanan instan yang dibeli tersebut masih layak dan aman dikonsumsi, apalagi untuk buah hati.

5. Kurangi pemberian menu makanan instan yang memiliki rasa gurih,karena bisa jadi ada kandungan MSG di dalamnya,begitu juga dengan rasa manis berlebihan, kadar glukosa yang tinggi bisa memicu obesitas.

Hal-hal sepele namun sangat penting untuk menunjang kebutuhan makanan bayi yang sehatdan juga bergizi, tentunya Anda tak ingin buah hati mengalami masalah kesehatan karena konsumsi makanan yang salah bukan.

Artikel Terkait

Previous
Next Post »