Kayu Asli Indonesia yang Sering Dijadikan Furniture

Oktober 16, 2017
Melodi Blog - Indonesia terkenal akan kehijauannya yang membuat mata menjadi segar ketika memandangnya dari kejauhan maupun ketinggian. Tak pelak, ada 1 pulau di Indonesia yang sering disebut sebagai paru-paru dunia, tak lain adalah Pulau Kalimantan.
Hutan di daerah Indonesia memang lumayan banyak, mengingat masih banyak daerah-daerah di Indonesia yang belum terjamah oleh peradaban modern. Namun, tahukah Anda? Jika hutan-hutan di Indonesia menjadi salah satu penyumbang kayu yang paling berkualitas untuk bisa dijadikan sebagai furniture-furniture yang menghiasi rumah?



Berikut adalah kayu asli Indonesia yang sering dijadikan sebagai sebuah furniture. Apa saja?

Kayu Jati
Siapa sih yang tidak kenal dengan kayu ini? Kayu ini dikenal sebagai kayu yang sangat kuat oleh para pengrajin kayu, karena kepadatan yang dimilikinya. Selain tingkat kepadatan yang cukup besar, kayu Jati sangat aman dari serangan rayap karena di dalam kayu ini memiliki kandungan minyak yang bisa dibilang anti rayap. Tak heran, banyak yang memburu kayu Jati sebagai salah satu bahan ukiran maupun furniture di rumah mereka karena kayu jenis ini sangat mudah diukir dengan menggunakan alat tukang kayu  yang sederhana dan diubah menjadi sebuah hiasan maupun furniture yang dapat mempercantik tampilan rumah maupun kantor Anda.

Kayu Mahoni

Kayu Mahoni merupakan salah satu kayu yang cukup terkenal di Pulau Jawa. Kayu ini memiliki bnilai jual yang sangatlah tinggi dan sangat gampang untuk dibentuk / diukir. Warna kayu ini juga cukup unik, yaitu merah kecoklatan (jika sudah tua) dan merah muda (jika masih muda). Biasanya, kayu mahoni sering dijadikan handcraft oleh para pengraji kayu, tapi tak jarang dijadikan bahan mebel juga oleh mereka. Tingkat kekerasan kayu ini berada dibawah kayu jati.

Kayu Cendana

Dibandingkan dengan Jati dan Mahoni, kayu Cendana memiliki sesuatu yang tidak dimiliki oleh ke 2 kayu lainnya, yaitu bau yang cukup wangi. Biasanya, kayu Cendana sering dijadikan hiasan oleh para pegrajin kayu dan tidak diberikan coating. Hal ini dilakukan supaya wangi kayu ini bisa terus tercium ketika melihat maupun memegangnya. Kayu ini juga cukup kokoh, sehingga tak jarang ada yang menjadikannya sebagai furniture rumah seperti tempat duduk ataupun meja kecil.

Kira-kira itulah 3 kayu asli Indonesia yang sering sekali dijadikan sebagai bahan furniture oleh para pengrajin kayu, seperti kursi, meja, lantai vinyl, ukiran kayu, laminated board, dan masih banyak lagi. Selain ke 3 kayu ini, masih ada kayu asli Indonesia lainnya seperti Kelapa, Pinus, Sungkai, sampai Eboni. Semua bisa ditemukan hanya di negeri kita, Indonesia.

Artikel Terkait

Previous
Next Post »