Ingin Merenovasi Rumah Minimalis dengan Budget Minimal? Terapkan 7 Tips Berikut.

Oktober 12, 2017
Melodi Blog -  Keinginan untuk memiliki hunian yang nyaman merupakan impian semua orang, tidak terkecuali pemilik hunian minimalis. Laman http://www.rumah.com/panduan-dan-referensi/membeli-rumah/rumah-minimalis-jadi-dambaan-pahami-seluk-beluknya ini turut menjawab kebutuhan Anda akan panduan dan referensi rumah minimalis idaman, seperti tips memilih rumah, aturan mendekorasi, pemanfaatan lahan kosong dan lainnya.

Seiring bergantinya tahun, maka bertambah pula usia properti rumh minimalis Anda. Oleh karena itu, Anda perlu segera merenovasinya agar tetap nyaman untuk ditempati. Bagi Anda yang menginginkan suasana baru atau memperbaiki yang rusak tanpa membuat dompet menangis, maka 7 tips berikut dapat Anda terapkan untuk meminimalisir pembiayaannya.




1 Membuat Skala Prioritas

Buat skala prioritas dan rancangan yang matang agar renovasi yang Anda rencanakan sesuai dengan idaman. Anda juga bisa terhindar dari pengeluaran berlebihan akibat mengikuti kata hati atau saran para tukang yang seringkali di luar logika, alias mahal.
Salah satu contohnya yaitu saat Anda menginginkan untuk menambah dua ruang di tingkat atas untuk ruang baca dan kamar anak. Hindari untuk menambah properti seperti rak buku mahal untuk ruang baca atau interior modern dengan karakter animasi untuk kamar anak, karena biasanya biaya yang dikeluarkan akan membuat dompet Anda ‘menangis’.

2 Menggunakan Bahan Bangunan Second

Saat Anda merenovasi rumah, biasanya masih ada banyak bahan bekas namun masih layak pakai atau bahas sisa renovasi sebelumnya. Nah Anda dapat memanfaatkan bahan bangunan bekas yang kondisinya masih bagus ini untuk menambah dekorasi fasad (eksterior) jendela, sanitasi, taman kecil di depan rumah, dan lainnya.
Anda bisa menyiasatinya agar terlihat baru dengan cara mengecat ulang dan memolesnya dengan vernis atau politur sehingga tampak baru. Selain itu, jika Anda memiliki marmer bekas, tumbuk hingga menjadi pecahan. Anda dapat mengplikasikannya untuk mendekorasi bangunan atau interior rumah.

3 Membuat Hitungan Volume Harga Pengerjaan

Seperti halnya dalam membuat skala prioritas, Anda perlu membuat metode perhitungan budget renovasi secara detail dengan mengeceknya satu persatu sebagai bahan perbandingan, lalu pilih yang terhemat. Buat perhitungan anggaran secara terperinci dengan cara menghitung volume dan harga-harga dari tiap pengerjaan renovasi secara keseluruhan agar estetika yang diperoleh lebih maksimal meski dengan biaya minimal.
Penghitungan biaya renovasi meliputi semua komponen pekerjaan, yaitu dari tahap awal hingga penyelesaian. Misalnya pembersihan lahan, cut and fill, pagar pengaman, mobilisasi, dan demobilisasi.
Langkah selanjutnya yaitu pekerjaan sipil seperti pembangunan pondasi, sloof, kolom, dinding dan rangka penutup atap. Anda bisa memproleh banyak informasi terkait rumah minimalis (termasuk renovasi) pada laman http://www.rumah.com/panduan-dan-referensi/membeli-rumah/rumah-minimalis-jadi-dambaan-pahami-seluk-beluknya ini.
Rincian komponen pekerjaan ini sangat fleksibel, jadi Anda harus menghindari keinginan lain di luar rancangan awal. Keinginan tersebut bisa meliputi penambahan partisi dinding, plafond (penutup atap); penambahan pekerjaan instalasi mekanikal; elektrikan; dan pumbling seperti jaringan listrik, telepon, dan sanitasi; lalu pekerjaan halaman seperti jalan setapak, halaman, dan taman. Anda harus kembali fokus pada skala prioritas dan tujuan awal renovasi.

4 Hitung Rencana Pengeluaran

Renovasi tentu lebih murah daripada membeli rumah meski iklan jual beli rumah banyak menawarkan harga murah. Rencana pengeluaran harus Anda sesuaikan dengan skala prioritas renovasi berikut panduan yang dapat Anda peroleh dari desainer atau arsitek yang ahli dalam bangunan. Konsultasi juga dapat Anda lakukan dengan teman, tukang atau melalui konsultasi daring di beberapa media penyedia jasa dan layanan konsultasi bangunan secara daring. 
Satu hal yang terpenting yaitu pembuatan RAB (Rencana Anggaran Biaya) harus berdasarkan harga untuk jenis material tertentu dan komponen pekerjaan yang akan dilakukan. Contohnya saat menghitung besar komponen beton, buat perhitungan volume secara satuan isi (m3), lalu kalikan dengan harga satuan per m3 yang disusun berdasarkan analisa penggunaan material per m3, jadi @ Rp/m3.

5 Ajak Toko Material sebagai Rekanan 

Ajak toko material sebagai rekanan yang membantu meringankan biaya renovasi rumah Anda. Meski biasanya menjalin kerja sama dengan developer, tidak menutup kemungkinan untuk Anda dapat menjalin kerja sama dengan pemilik toko material ini.
Mereka akan memberi kemudahan bagi calon pembeli yang ingin merenovasi rumah dengan cara mengangsur pembayaran atas pembelian material bangunan di toko mereka. Anda dan mereka saling untung karena Anda dapat mengalokasikan dana renovasi secara bertahap sedangkan pemilik toko pun terbantu karena pembelian stock yang Anda lakukan secara rutin dapat memenuhi target penjualan dari supplier.

6 Jeli dan Hati-Hati Memilih Kontraktor atau Gunakan Jasa Tukang 

Jasa kontraktor bangunan sudah umum digunakan di kota-kota besar, khususnya saat membuat rumah atau renovasi. Jika ingin merenovasi rumah dengan menggunakan jasa kontraktor, sebaiknya hati-hati dan teliti kualitas kontraktor, pilih yang jujur, berpengalaman, serta profesional.
Namun jika budget Anda terbatas, jangan memaksakan diri menggunakan kontraktor yang murah namun belum berpengalaman. Lebih baik memilih jasa tukang karena mereka lebih mudah untuk diajak diskusi tentang rencana dan progres renovasi berikut biayanya.

7 Berhemat terhadap Pengeluaran Lain yang Tak Terduga

Perhitungkan segala sesuatunya dengan baik, termasuk pengeluaran tak terduga di luar rancanagn biaya renovasi. Hindari pengaruh pepatah ‘rumput tetangga sellu terlihat lebih hijau’ dalam diri Anda agar tidak mudah iri dengan renovasi megah yang dilakukan tetangga, misalnya membangun rumah dengan marmer, kayu jati, dan bahan-bahan ‘wah’ lainnya.
Kembali fokus pada rancangan awal yang juga mencakup anggaran biaya, kemudian berhematlah terhadap pengeluaran lain yang tak terduga. Anda mungkin dihadapkan pada kondisi bangunan yang sudah rusak parah saat akan direnovasi sehingga butuh biaya pengeluaran tambahan yang tak terduga. 
Terapkan tips-tips di atas untuk menimimalkan budget untuk renovasi rumah Anda dn jangan biarkan bagian rumah yang rusak. Jalankan tiap tahap proses renovasi dengan cepat, tepat, dan hemat dari banyak sisi, seperti skala prioritas, budget, sumber biaya, hingga eksekusi renovasi sehingga mendapat hasil yang bagus.

Bagaimana? Cukup antimainstream bukan? Suasana berbeda, modern dan kekinian ini dapat mengubah suasana hati menjadi lebih baik, terutama jika sesuai selera Anda. Kebutuhan untuk merenovasi rumah minimalis Anda dipengaruhi pula oleh kondisi rumah yang Anda beli dari forum/iklan jual beli rumah. Pastikan untuk membeli yang berkualitas ya.

Artikel Terkait

Previous
Next Post »