4 Kegiatan Positif Untuk Sang Anak Saat Liburan

Oktober 16, 2017
Melodi Blog -  Sayang rasanya sang Anak bila menghabiskan hari liburnya hanya berdiam diri di rumah dengan menghabiskan waktunya dengan cara menonton TV, bermain game ataupun gadget yang disediakan oleh orang tuanya.
Sebagai orang tua, ada baiknya bila Anda memberikan kegiatan-kegiatan positif untuk sang anak dalam menghabiskan masa liburannya yang cukup panjang. Lalu, apa sajakah kegiatan positif tersebut?

http://www.stbartsnurseries.com/school%20holidays.jpg

Membantu Membersihkan Rumah

Anda bisa minta tolong terhadap anak Anda untuk membantu Anda dalam hal membersihkan rumah. Tak usah memberikan sang anak pekerjaan yang berat dalam membersihkan rumah tersebut, cukup seperti membuang sampah ataupun menyiram tanaman. 

Membantu Memasak

Biasanya kegiatan memasak ini lebih condong untuk meminta bantuan kepada putri Anda, namun bila Anda tak memiliki anak perempuan, apa salahnya juga untuk meminta bantuan kepada anak laki-laki Anda? Anda bisa meminta bantuan pada anak Anda seperti menyediakan minyak goreng, memilih sayur yang berada di dalam kulkas, dan menyiapkan bumbu dapur hingga peralatan dapur yang diperlukan.
Biarkan sang Anak membantu Anda dalam melakukan kegiatan memasak, kali saja anak Anda tertarik untuk membuat masakan yang seperti Anda buat dan bila anak Anda melakukan kegiatan bertanya-tanya tentang masakan yang Anda buat, silahkan Anda jawab dengan nada yang terdengar senang ataupun ceria agar anak Anda tertarik untuk mendengar ataupun mencoba membuatnya.

Jalan-Jalan Keluar Bersama Keluarga

Hangout bersama dengan keluarga mungkin bisa menciptakan kegiatan yang positif untuk sang anak dan menghindarkan rasa bosan pada anak Anda karena hanya menghabiskan masa liburannya di rumah saja. 
Anda mungkin bisa mengajak anak Anda tersebut ke tempat wisata yang bisa menambahkan pengetahuannya mengenai lingkungan di sekitarnya, seperti ke Sea World, TMII, Museum dan yang lain sebagainya.

Sekolah / Les Tambahan

Bila sang Anak terlihat berbakat disalah satu bidang musik atau olahraga, mungkin Anda mendaftarkan anak Anda untuk mengikuti kegiatan sekolah musik ataupun sekolah olahraga yang memiliki lokasi tidak terlalu jauh dari rumah Anda. 
Tak hanya sekolah tambahan, bagi Anda yang ingin anak Anda dapat mempelajari pelajaran sekolah dengan baik, mungkin Anda bisa juga mendaftarkan anak Anda untuk mengikuti tempat bimbingan belajar maupun les private.
Kegiatan sekolah ataupun les tambahan tersebut, bisa memberikan kegiatan yang positif untuk dilakukan oleh anak Anda pada saat masa liburannya.
Kegiatan-kegiatan diatas tersebut mungkin bisa saja tak hanya Anda dilakukan pada saat masa liburna saja, namun mungkin bisa diteruskan setiap hari juga.


Artikel Terkait

Previous
Next Post »