Ingin Mendapatkan Hasil Foto yang Bagus dan Tajam, Ikuti Tips Berikut Ini !

September 19, 2017
Melodi Blog - Pada zaman modern saat ini berfoto telah menjadi hoby bagi semua orang. Mereka menggunakan berbagai kamera untuk mengabadikan moment terindahnya atau hanya sekedar foto-foto saja. Perlu diketahui sobat yang suka foto meskipun kita mengambil foto dengan kamera yang bagus akan tetapi tidak tau bagaimana trik mengambil foto yang bagus dan tajam maka hasilnya juga kurang maksimal, maka perlu sekali memahami tips agar mendapatkan hasil foto yang bagus dan tajam,  supaya moment anda terabadikan dengan idah. Tipsnya adalah sebagai berikut :



1. Pahami autofokus yang benar

Mode autofokus digunakan untuk membuat gambar lebih indah, diantara model tersebut adalah  mode  singgle area,  mode autofokus  continuous dan mode autofokus   atau hybrid atau mode campuran.  Untuk menggunakan masing-masing model tersebut maka Anda bisa memilih mode yang tepat, seperti saat Anda memotret benda diam,  Anda bisa  menggunakan   mode single, sedangkan untuk  pemotretan  benda bergerak Anda bisa menggunakan  mode  continuous.  Bagi Anda yang lebih  bisa menggunakan  mode-mode dengan cepat untuk pemotretan  maka Anda bisa menggunakan mode  hybrid atau campuran. Ketika ingin mendapatkan hasil foto yang bagus, maka penentuan letak fokus harus diperhatikan. Apapun objek foto ketahui titik kritis yang harus terlihat tajam.

2. ISO
Jika anda menggunakan kamera DSLR maka perlu menggunakan ISO. ISO adalah tingkat kesensitifan dari sensor kamera, jika semakin tinggi ISO maka semakin sensitif sensor dan gambar yang dihasilkan akan lebih bercahaya, begitupun sebaliknya jika semakin rendah sensor maka hasil yang dihasilkan tidak begitu bercahaya.

3. Gunakan Tripod

Tripod berfungsi untuk menyangga kamera, kalau tidak menggunakan tripod maka kamera akan bergoyang dan bergerak sehingga susah untuk mendapatkan hasil foto yang bagus dan tajam, maka perlu sekali menggunakan tripod.

4. Memegang kamera yang baik dan benar

Cara ini yang harus benar-benar  diperhatikan, karena banyak orang yang menganggap memegang kamera adalah hal simple jadi dianggap remeh. Berikut  cara memegang kamera yang baik dan benar :
Siku menekan tubuh, jaga kamera dekat dengan tubuh kalian saat memotret
Membuat tumpuan lengan kiri
Tumpuan kedua siku, tekuk siku mendekat ke sisi tubuh kalian
Memasang kuda-kuda dengan melebarkan kaki untuk menambah kestabilan
Gunakan tumpuan kaki saat memotret pada posisi rendah atau jongkok
Untuk menambah kestabilan carilah tempat bersandar
Memegang kamera pada posisi tiarap
Pastikan tidak menghalangi lensa atau flash.

5. Mirror Lock Up

Jika anda menggunakan kamera DSLR maka biasanya ada fitur ini yang bisa mengunci cermin agar tidak bergoyang saat kamera mengambil exposure, dan fitur ini dinamakan mirror lock up. Aktifkan fitur ini karena goyangan cermin ini bisa berefek pada ketajaman foto meskipun tidak selalu.

6. Beli Lensa Terbaik (Sesuai kemampuan)

Lensa kamera berfungsi untuk mengumpulkan cahaya. Aperture dari sebuah lensa adalah diameter bukan lensa, jadi semakin besar diameter aperture maka semakin banyak juga cahaya yang masuk ke dalam lensa. Jika anda mencari lensa yang bagus kunjungi beli lensa & aksesoris kamera. 

7. Gunakan dept of field yang cukup

Jika anda sudah melakukan beberapa cara namun hasil foto belum tajam, mungkin dept of field yang sempit. Manfaatkan tombol DOF preview dikamera untuk memeriksa
.
8. Manfaatkan Sharpening

Bagi yang suka fotografi, maka tidak asing lagi dengan software yang berbau fotografi, entah itu Photoshop atau aplikasi yang lainnya, semua menyediakan cara untuk mempertajam hasil akhir foto atau yang disebut dengan sharpening. Saat konversi RAW, gunakan sharpening yang sangat minimal lalu gunakan sharpening lagi di langkah terakhir.

Selamat mencoba, semoga artikel ini dapat bermanfaat. baca juga cara beli voucher streaming HOOQ

Artikel Terkait

Previous
Next Post »