Kenali Perkembangan Bayi Pada Usia 3 Bulan

Agustus 14, 2017
Anak merupakan sebuah anugerah terindah bagi pasangan suami istri, tak heran jika orangtua selalu memperhatikan bagaimana perkembangan anaknya terlebih ketika masih bayi atau baru lahir, segala sesuatu untuk kesehatannya pasti dipenuhi khususnya memberikan ASI. Karena pertumbuhan dan perkembangan  seorang anak dalam hidupnya adalah periode yang sangat penting untuk orangtua oleh sebab itu orangtua harus memperhatikan, memantau dan meluangkan waktunya untuk bersama si kecil agar kedekatan emosionalnya ada antara orangtua dan anak. Bagi para orangtua atau calon orangtua perlu sekali memantau perkembangan anak dari lahir hingga dewasa agar menjadi seorang anak yang tumbuh dengan sehat dan cerdas.

Bayi yang baru lahir akan mengalami pertumbuhan yang luar biasa dari fase ke fase terutama bayi pada usia 3 bulan telah mengalami berbagai perubahan, pasti muncul sebuah pertanyaan sudah bisa melakukan apa saja bayi ketika umur 3 bulan ?  mari kita kenali lebih jauh bagaimana perkembanagan bayi di usia 3 bulan.




Bayi yang berumur 3 bulan sudah memiliki leher yang cukup kuat untuk menyangga kepalanya, hal ini dapat dilihat ketika si bayi digendong kepala bisa berdiri dengan tegak, sistem pencernaan dan sistem saraf sudah terbentuk secara sempurna ini yang menjadikan bayi  semakin banyak mengonsumsi susu, maka orang tua selain memberikan ASI bisa juga ditambah dengan susu formula karena susu formula juga mengandung protein, vitamin dan berbagai nutrisi lainnya yang menjadikan anak cepat gemuk, namun orang tua harus selektif dalam memilih susu formula bagi perkembangan bayi 3 bulan.

Pada usia ini bayi juga sudah mulai bisa meraih objek atau benda yang ada di depannya, sudah bisa menggenggam benda di tangannya atau melempar, ini menunjukkan bahwa kognitif anak semakin meningkat karena otak dengan fisik memiliki hubungan yang tidak bisa dipisahkan, ketika anak sudah bisa meraih benda atau mengenggam berati itu adalah pesan dari otak yang tersampiakan kepada tubuh anak. Cara mengasah kognitif anak bisa dengan memberikan rangsangan yaitu meletakkan benda atau mainan anak di depannya atau di sampingnya agar si anak berusaha mengambilnya hal ini sangat baik untu meningkatkan kemampuan kognitif anak dan menguatkan otot dan hendaknya mainan itu terbuat dari karet, tidak tumpul dan tidak diberi pewarna seperti cat agar tidak berbahaya bagi anak. Semakin meningkatnya kognitif anak, orang tua juga harus mengawasi lebih ketat lagi, karena anak sudah bisa meraih benda maka dikhawatirkan benda itu dimasukkan ke dalam mulutnya yang belum tentu bendanya itu bersih, maka lebih berhati-hati.

Selain peningkatan kognitif, anak juga mengalami peningkatan pada kemampuan sosialnya, hal ini dapat ditunjukkan ketika ada orang mengajaknya tersenyum, maka dia pun ikut tersenyum, ketika ada orang yang melambaikan tangannya maka dia ikut menirukan. Anak juga sudah mulai mengenali wajak ayah dan ibunya. Anak yang usia 3 bulan ini sudah jarang sekali menangis, karena sudah bisa mengontrol emosinya dengan baik, kemampuan indera juga semakin maksimal sehingga membuat anak semakin ingin tahu dengan suara dan gerakan yang menurutnya menarik. oleh sebab itu alangkah baiknya anak serig di perdengarkan lagu-lagu yang lembut, diajari gerakan badan.

Pada usia ini anak juga sudah mulai menggumam, bisa menyebut mama atau papa akan tetapi belum jelas. Anak juga sudah bisa diajak komunikasi, cara anak berkomunikasi adalah dengan menggerakkan tangannya, mengekspresikan gembira, sedih, tertawa, dan ketika haus terkadang dengan cara menangis. Anak juga perlu diajak jalan-jalan disekitar rumah melihat pemandangan, agar anak juga mengenal dunia luar, apalagi diwaktu pagi udara masih segar cocok untuk anak usia ini.

Dari beberapa perkembangan
yang dialami oleh anak usia 3 bulan maka apabila anak belum bisa menegakkan lehernya, belum bisa melihat wajah dengan jelas, belum bisa meraih atau menggenggam benda, tidak tersenyum, tidak merespon suara, maka anda bisa melakukan konsultasi ke dokter agar segera dapat terasi berbagai permasalahan yang terjadi pada anak.

Begitulah perkembangan bayi di usia 3 bulan, semoga dapat bermanfaat bagi siapapun yang telah membaca artikel ini. Terimakasih

Artikel Terkait

Previous
Next Post »