Ibu Harus Tau Bagaimana Memilih Susu Formula yang Baik untuk Sang Buah Hati

Agustus 28, 2017
Memberikan susu untuk sang buah hati sangat penting bagi perkembangan anak, anak akan memperoleh nutrisi bagi tubuhya selain itu juga tulang menjadi lebih sehat,dapat mendukung perkembangan otak dan menghindari obesitas,. Susu yang paling bagus untuk anak adalah ASI (Air Susu Ibu), ketika anak baru lahir kemudian diberikan susu ASI maka sangat bagus untuk kekebalan tubuh anak. Namun anak juga tidak selamanya menggantungkan ASI karena seorang ibu terkadang pergi dan ketika anak kehausan maka sebagai penggantinya bisa memberikan susu formula bagi anak. Sebelum membahas tips dalam memilih produk susu kita ketahui terlebih dahulu kelebihan dari susu formula agar seorang ibu tidak ragu dalam memberikan susu formula. Bagi ibu yang asinya tidak keluar atau wanita karir.

Susu formula mengandung zat yang bisa merangsang perkembangan otak karena mengandung DHA, EPA, serta kandungan omega 3 dan omega 6 yang baik untuk perkembangan otak, membantu wanita karir bekerja selain bekerja dalam rumah wanita karir juga bekerja di luar rumah, karena susah dalam membagi waktunya maka susu formula ini memudahkan wanita karir agar lebih praktis dan mudah. Meskipun susu formula bagus untuk anak, namun ibu harus tetap waspada dan jeli dalam memilih produk susu bagi anak karena susu formula yang diproduksi oleh pabrik pasti memiliki standart kualitas yang berbeda-beda, selain berbeda standarnya, hasil produksi juga harus memenuhi standar minima agar produksi tersebut untuk dikosumsi oleh konsumen, apalagi yang mengonsumsi adalah anak usia di bawah dua tahun atau usia balita, Sebelum memilih susu, alangkah baiknya konsultasi kepada dokter, agar tidak salah dalam memilih susu. Adapun tips dalam memilih produk susu formula adalah :


Pertama yang harus dilakukan adalah memilih susu formula yang sesuai dengan kondisi anak,apakah anak tersebut memiliki alergi terhadap susu formula atau tidak karena bayi memiliki kondisi kesehatan yang berbeda-beda tidak bisa disamakan. Pencernaan bayi yang masih rentan memang harus diperhatikan , karena ada beberapa jenis susu formula yang tidak cocok dengan kondisi anak, maka jangan memaksakan untuk memberikan susu formula, apabila orang tua tidak jeli maka bisa terjadi gangguan perkembangan pada bayi. Biasanya kalau anak alergi dengan susu formula biasa dari sapi, dokter menyarankan untuk mengkonsumsi susu formula dari kacang kedelai.

Kedua adalah memilih susu formula yang sesuai dengan usia anak, ketika memilih susu formula harus sesuai dengan usia anak. Anak yang berusia 0-6 bulan komposisinya berbeda dengan anak yang usia 6-12 bulan. Anak usia 0-6 bulan sistem pecernaannya belum sempurna sedangkan usia 6-12 bulan pencernaan sudah sempurna sehingaa pemilihan susunya pun berbeda. Bukan hanya itu kalori yang dibutuhkannya pun berbeda Jadi harus membeli susu yang sesuai dengan usia anak.

Ketiga carilah susu formula yang kandungannya hampir sama dengan ASI yaitu,  Protein 1, gram   Lemak 4,2 gram,  Karbohidrat 7 gram, Laktoferin 250-270, Vitamin D 0,01 mcg, Vitamin C 3,8 mcg,  Kalsium 35 mg, Fosfor 15 mg, Besi 76 mcg, Natrium 15 mg,  Ig A 119,6 mg, Ig G 2.9 mg, Ig M 2,9 mg, Lisosin 24,3-27,5 mg.

Keempat, jangan tergiur dengan susu formula yang harganya mahal, karena belum tentu kalau itu berkualitas, oleh sebab itu orang tua juga harus memahami kandungan yang ada di dalam susu agar mudah dalam memilih produk susu anak .

Selain memperhatikan produk susu yang baik untuk anak, ibu juga harus paham aturan memberikan susu formula jika usia 0-6 bulan alangkah baiknya 100% ASI, usia 6-12 bulan 70% ASI 30% susu formula, usia 12-18 bulan 50% ASI 50% susu formula, usia 18-24 bulan 30% ASI 70% susu formula karena pada usia ini nutrisi susu formula sangat dibutuhkan bagi anak.

Meskipun susu formula baik untuk kesehatan anak, akan tetapi ASI jauh lebih baik dikonsumsi oleh anak. Namun bagi ibu yang ASInya tidak bisa keluar maka memberikan susu formula sangat membantu memberikan nutrisi anak. Demikian tips dalam memilih produk susu, semoga bermanfaat.









Artikel Terkait

Previous
Next Post »