Tips Perjalanan Jauh Bagi Pengendara Motor

Juli 04, 2017
Melodi Blog - Mengendarai kendaraan bermotor sudah menjadi hal yang biasa di era modern saat ini. Hampir setiap keluarga memiliki motor sesuai dengan jumlah keluarganya dan semakin banyak yang memiliki kendaraan bermotor maka manusia semakin dimanjakan dengan transportasi tersebut. Setiap mau pergi pasti menggunakan motor, karena dengan  itu perjalanan akan lebih cepat tidak perlu lagi menggunakan sepeda ontel. Tapi apakah sudah menjadi kebiasaan ketika menggunakan kendaraan bermotor dalam jarak tempuh yang jauh ? tidak semua orang kuat perjalanan jauh menggunakan motor, tapi bagi kaum muda menggunakan motor sanggat digemari saat perjalanan jauh katanya sih biar bisa menikmati pemandangan sekitar dan lebih asik.
Nah, bagi yang gemar mengendarai motor saat perjalanan jauh, sangat penting memperhatikan keselamatan diri, tenang saja kami memberikan beberapa tips agar perjalanan anda terasa nyaman, aman dan selamat sampai tujuan. Perhatikan beberapa hal berikut :

1. Periksa motor anda apakah kendaraan ada yang bermasalah, dari mesin, rem, roda dan pastinya bensin diisi penuh sebelum berangkat agar diperjalanan tidak berhenti lagi untuk membeli bensin.

2. Persiapkan perlengkapan diri dengan legkap, jangan lupa menggunakan helm sebagai pengaman kepala, jaket agar tidak mudah masuk angin, gunakan masker agar tidak  terkena polusi kendaraan, dan gunakan kaos tangan agar tidak kepanasan jika perjalanan siang hari serta tidak kedinginan jika perjalanan di pagi atau malam hari.

3. Tips yang ini tidak kalah pentingnya dengan yang lain yaitu, persiapkan makanan, kalau laper biar tinggal ambil untuk dimakan, dan biasanya saat perjalanan jauh seringkali kehausan jadi perlu bawa minuman bisa air putih atau minuman berasa. Tidak lupa juga permen biar di jalan tidak ngantuk.

4. Ketika berangkat jangan lupa berdoa menurut keyakinan masing-masing agar selamat sampai tujuan.

5. Saat perjalanan jauh selain kehausan atau lapar yang seringkali terjadi pada kita adalah mengantuk, ini yang membuat perjalanan kita terganggu bahkan bisa menimbulkan kecelakaan, jika rasa ngantuk melanda, maka lebih baik berhenti terlebih dahulu. Jika tidak ingin mengantuk bisa di kendaraan sambil mendengarkan musik dan menyanyilah.

6. Kalau badan sudah terasa capek, biasanya bagian punggung, pinggang atau pantat maka berhentilah, minum yang banyak agar pinggang tidak terasa sakit dan tidak menimbulkan penyakit seperti batu ginjal.

7. Yang terakhir jangan menggunakan ponsel ketika sedang mengendarai sepeda motor, karena jika kita tidak fokus dapat mengakibatkan kecelakaan.

Itulah beberapa tips yang bisa kami berikan bagi pengendara motor, semoga bermanfaat untuk kita semua.

Artikel Terkait

Previous
Next Post »